Tiga Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Destinasi Wisata Baturraden Banyumas

Baturraden Banyumas
Objek wisata Baturraden, Banyumas. (Source: Disporabudpar)

TURISIAN.com – Tempat wisata Baturraden di Banyumas pasti Sobat Turisian sudah tak asing lagi. Karena objek wisata ini sudah ada sejak masa kolonial Belanda, menjadi destinasi wisata dan peristirahatan. Lokasinya terletak Desa Karangmangu, Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Keberadaan Baturraden Banyumas, sebenarnya sudah ada dari masa kolonial Belanda dan menjadi tempat wisata dan peristirahatan. Namun sempat terbengkalai sejak kemerdekaan dan baru dikelola kembali pada 1967. Kini Baturraden sudah menjadi tempat wisata yang ramai pengunjung dan fasilitasnya juga memadai.

Objek wisata yang berada di Kaki Gunung Slamet ini, tidak pernah habis memberikan pesonanya. Rasanya butuh waktu berhari-hari untuk menjelajah setiap sudutnya. Ada banyak destinasi wisata yang bisa Sobat Turisian kunjungi di kaki Gunung Slamet.

Wisata Baturraden Banyumas sangat cocok untuk semua umur, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Selain wahana yang unik, di tempat ini Sobat Turisian pun wajib mencicipi aneka kuliner khas Banyumas. Seperti mendoan, Pecel Banyumas, dan lain-lain.

Akses menuju Baturraden juga mudah, bisa menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Harga tiket masuk ke tempat ini sebesar Rp20.000 saat weekday, dan 25.000 saat weekend. Tiket tersebut sudah termasuk fasilitas gratis di kolam renang papan luncur, waterpark, sepeda air, spot selfie Sendang Mulya, dan pemandian air hangat belerang.

Saat berlibur di destinasi wisata yang satu ini, Sobat Turisian bisa mencoba dan menikmati aktivitas wisata. Berikut ini ada tiga aktivitas wisata seru dilakukan di Baturraden, Banyumas antara lain:

1. Swafoto di berbagai spot di Baturraden Banyumas

Baturraden Banyumas berada di dataran tinggi dengan udara yang sejuk, pepohonan yang hijau, dan pemandangan yang memanjakan mata. Sehingga cocok juga buat Sobat Turisian yang gemar berburu spot swafoto yang eksotik dan instagenik.

Baca juga: Sedapnya Soto Sokaraja dari Banyumas, Disantap Bersama Tempe Mendoan

Salah satu ikon tempat ini dan menjadi spot foto yaitu air terjun yang tepat berada di tengah Baturraden. Air yang dingin khas pegunungan dengan aliran yang cukup tinggi dan bebatuan di sekitarnya. Sobat Turisian bisa berswafoto di antara bebatuan itu.

Tak hanya keindahan alamnya yang cocok buat foto-foto, ada juga spot selfie buatan pengelola untuk memanjakan pengunjung. Antara lain jembatan kaca, ayunan gantung, dan sepeda gantung. Spot selfie tersebut memadukan pemandangan Baturraden dari atas ketinggian dengan ornamen tambahan yang disediakan.

2. Naik sepeda air & Berenang di Baturraden Banyumas

Di objek wisata Banyumas ini, terdapat danau yang di tengahnya ada air mancur. Di danau itu ada sepeda air yang bisa Sobat Turisian naiki untuk mengelilingi danau.

Sementara bagi Sobat Turisian yang senang berenang, bisa memilih dua tipe air yang tersedia di Baturraden, air dingin atau hangat. Untuk air dingin, kalian bisa berenang di kolam renang papan luncur, sedangkan air hangat bisa pilih di pemandian air hangat belerang alami.

3. Menikmati kuliner khas Baturraden

Kalau Sobat Turisian sudah puas dan lelah mengeksplorasi kawasan Baturraden, bisa lanjutkan dengan istirahat sembari menyantap makanan khas. Ada menu sate kelinci yang banyak penjualnya di tempat wisata ini.

Sate kelinci tersebut berbumbu kacang dan teksturnya empuk seperti sate bebek. Lebih nikmat, Sobat Turisian menyantapnya dengan potongan lontong. Berikutnya ada makanan mendoan kriuk yang garing dan banyak runtuhan tepungnya. Awah bikin ngiler ya, Sob!

Baca juga: 5 Oleh-Oleh Khas Banyumas, Nomor 5 Legendaris!

Bagi Sobat Turisian yang tertarik untuk bermalam, dapat memilih penginapan atau hotel yang banyak terdapat di kawasan Baturraden. Jadi liburan ke tempat ini akan semakin nyaman dan seru, apalagi bersama keluarga atau teman.*

 

Pos terkait