Danau Ugo, Hidden Gem di Batanghari Jambi yang Indah dan Menenangkan

Danau Ugo
Danau Ugo di Kab. Batanghari, Jambi. (Source: Pemprov Jambi)

TURISIAN.com – Buat Sobat Turisian yang mencari destinasi alam yang indah dengan suasana tenang, wajib mampir ke Danau Ugo. Cocok sekali buat santai sejenak melepas kepenatan dari rutinitas perkotaan. Lokasinya berada di Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi.

Danau yang satu ini menyajikan pemandangan alam yang asri dan memukau kala melihatnya langsung dari dekat. Tambah lagi dengan airnya yang cukup jernih. Menambah pesona keindahan objek wisata alam tersebut.

Di Danau Ugo ini, Sobat Turisian juga bakal menemukan banyak ikan lambak atau sejenis ikan bandeng. Warga setempat menangkap ikan tersebut setiap harinya untuk mereka jual atau menjadi lauk di rumah. Sobat Turisian juga bisa mencoba untuk membeli dan mencicipi kelezatan ikan lambak ini.

Liburan di tempat ini, memang belum banyak aktivitas yang bisa Sobat Turisian lakukan. Justru hal itulah yang bakal membuat kalian lebih menikmati pemandangan yang indah dan ketenangan dari danau ini. Hingga objek ini layak kita sebut sebagai hidden gem di Batanghari.

Sobat Turisian bisa mengajak keluarga atau teman untuk duduk-duduk santai di sekitar Danau Ugo. Sambil bercengkerama, makan bersama dari bekal bawaan, serta menikmati indahnya danau di Jambi tersebut.

Baca juga: Menelusuri Situs Cagar Budaya Candi Tinggi di Jambi

Apalagi belum banyak pengunjung yang datang ke sini. Sehingga kalian bersama keluarga atau teman akan lebih nyaman tanpa harus terganggu kerumunan orang.

Lokasi & Akses ke Danau Ugo

Objek wisata danau tersebut berada di Desa Aur Gading, Kecamatan Bhatin XXIV atau orang-orang sering menyebutnya Bhatin Dua Lusin. Masuk wilayah Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi. Danau ini memiliki luas hingga 24 hektare dan membentang luas di sepanjang desa. Kawasan tersebut buka setoa hari selama 24 jam.

Untuk menjangkau Danau Ugo, Sobat Turisian perlu berkendara sejauh 45 kilometer dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam dari pusat Kabupaten Batanghari. Sedangkan dari Kota Jambi berjarak 102 kilometer dengan perjalanan sekira 2 jam 45 menit.

Terdapat dua akses jalan yang bisa Sobat Turisian tempuh untuk mencapai Desa Aur Gading. Jalur pertama harus memutar terlebih dahulu. Sedangkan jalur kedua bisa melewati jembatan gantung besi untuk menyeberangi sungai. Rekomendasinya memakai sepeda motor saja jika mau melalui jembatan tersebut, karena lebarnya hanya 1,5 meter.

Baca juga: Sedapnya Daging Masak Hitam, Kuliner Khas Jambi

Kemudian setelah itu, Sobat Turisian akan melewati perkebunan karet dan jalan setapak di antara perkebunan itu sebelum tiba di Danau Ugo. Jalan setapak tersebut berkelok-kelok dan sepi. Jadi sebaiknya berangkat saat pagi atau siang hari saat matahari masih bersinar terang.*

 

Pos terkait