Traveling ke Danau Sano Nggoang, Danau Vulkanik Terluas dan Terdalam di NTT

Danau Sano Nggoang
Danau Sano Nggoang Manggarai NTT. (Source: TIC MPU)

TURISIAN.com – Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) menyimpan banyak objek wisata alam yang menarik Sobat Turisian kunjungi selain Labuan Bajo. Salah satunya ada Danau Sano Nggoang atau Danau Nggoang yang merupakan danau vulkanik terluas dan terdalam di NTT.

Lokasi objek wisata alam yang satu ini terletak di Wae Sano, Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. Memiliki luas sekitar 5.500 ha dan dianggap sebagai danau paling dalam di dunia dengan kedalaman 600 meter. Wow keren Sob!

Danau Sano Nggoang berada pada ketinggian 750 mdpl. Keistimewaannya mempunyai kandungan sulfur yang cukup tinggi, sehingga tercium bau belerang yang cukup menyengat. Tak heran banyak pengunjung yang datang untuk menikmati sensasi pemandian. Tujuannya untuk memaksimalkan kesehatan kulit lewat kandungan sulfur tadi.

Bukan hanya mandi, Sobat Turisian pun masih dapat melalukan banyak aktivitas lain di kawasan wisata danau ini. Kalian bisa mencoba trekking, menunggang kuda, fotografi, hingga mengamati burung.

Baca juga: Berpetualang Menuju Keindahan Cunca Wulang di Manggarai Barat

Dari sekian banyak aktivitas yang menarik itu, menikmati pemandangan menjadi daya tarik utama yang banyak peminatnya. Karena pemandangan alam yang tersaji di Danau Sano Nggoang masih sangat alami dan indah.

Pemandangan yang memukau di danau ini, di antaranya bukit, hutan, flora fauna di sekitar danau. Semua pemandangan tersebut bisa jadi spot fotografi atau latar swafoto yang ciamik. Masih ada lagi keindahan sunset di kawasan wisata danau ini.

Flora, Fauna, & Pemukiman

Menariknya lagi, kawasan Danau Sano Nggoang juga mempunyai habitat berbagai jenis burung. Di antaranya gagak flores (Corvus florensis), tesia timor (Tesia everetti), itik gunung (Anas superciliosa). Kemudian cekakak tunggir-putih (Caridonax fulgidus), itik benjut (Anas gibberifrons), dan kipasan flores.

Di sepanjang danau ini pun, Sobat Turisian akan menemukan beberapa desa yang merupakan tempat tinggal para penduduk setempat. Desa pertanian yang tersebar di sekitar kawasan danau ini menampung sekitar 250 penduduk dengan rumah tradisional yang terbuat dari anyaman bambu. Ada pula rumah kayu dan juga bata modern.

Baca juga: Melepas Kepenatan di Pantai Dintor Manggarai yang Cantik

Wilayah sejumlah desa tersebut memiliki pembatas yakni danau, bukit,  dan perkebunan. Lokasi yang cukup terpencil serta ukuran desa yang tak begitu luas, membuat Sobat Turisian bakal merasa tenang saat berada di kawasan Danau Sano Nggoang.*

 

Pos terkait