Berpetualang Menuju Keindahan Cunca Wulang di Manggarai Barat

Cunca Wulang
Cunca Wulang di Manggarai Barat, NTT. (Source: Disparbud Kab. Manggarai Barat)

TURISIAN.com – Berpetualang menuju sebuah surga alam tersembunyi bakal menjadi pengalaman Sobat Turisian yang berkesan. Hal tersebut bisa kalian lakukan dengan pergi ke objek wisata alam Cunca Wulang di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Destinasi wisata alam ini merupakan salah satu air terjun dengan lembah sungai yang khas, menarik, dan menakjubkan. Lokasinya terletak di Desa Cunca Wulang, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Nama Cunca Wulang sendiri merupakan pemberian warga setempat. Dalam bahasa Manggarai, kata “Cunca” berarti air terjun dan “Wulang” artinya bulan. Jadi secara harafiah, nama tempat ini berarti air terjun bulan.

Menurut adat istiadat dan kebiasaan masyarakat Manggarai, pemberian nama untuk suatu benda atau tempat berkaitan erat dengan karakter, situasi, serta fenomena yang terjadi di sekitarnya. Pemberian nama ini memiliki makna simbolis.

Nah untuk pemberian nama Cunca Wulang menggambarkan situasi di sekitar air terjun tersebut yang mana percikan airnya membentuk cahaya seperti warna cahaya bulan. Hal ini dapat terlihat pada jam-jam tertentu, seperti antara pukul 08.00 hingga 10.00 pagi. Dalam kondisi volume air yang deras pada musim hujan. Dengan alasan itulah, maka penduduk setempat memberi nama tersebut.

Pesona Keindahan Cunca Wulang

Objek wisata air terjun yang satu ini berada di ketinggian 200 meter di atas permukaan laut. Sehingga Sobat Turisian bisa merasakan udara yang segar menyejukkan dan panorama alam yang aduhai.

Keindahan lain dari Cunca Wulang, kalian bisa lihat dari aliran sungainya yang berada di antara tebing bebatuan besar. Sedangkan air terjunnya berada di atas batu-batu dan keluar melalui celah bebatuan. Sungguh perpaduan yang indah dan memanjakan mata.

Baca juga: Menikmati Keindahan Cunca Rami, Air Terjun di Tengah Hutan Rindang nan Asri

Bebatuan yang mengapit sungai aliran air terjun tersebut cukup aman untuk Sobat Turisian panjat. Sebab permukaan sisinya tidak tajam. Tak heran banyak sekali wisatawan yang merasakan sensasi untuk loncat dari atas batu hingga ketinggian 6 meter ke bawah sungai.

Saat Sobat Turisian berada di sekitar objek wisata air terjun Cunca Wulang, bisa menikmati air terjun jeram dan curam dengan pepohonan besar rindang nan hijau di sekelilingnya. Air terjun ini terdiri dari tiga tingkat yang bakal memberi kesan takjub.

Di bawahnya juga terdapat kawah yang terbentuk secara alami seperti kolam yang memungkinkan kalian menikmati airnya dengan mandi dan berenang sepuasnya. Serta dapat memanfaatkan formasi batu-batu besar sebagai tempat pijakan untuk melompat dengan gaya bebas.

Jalur Hutan Mbeliling

Perjalanan menuju Cunca Wulang, Sobat Turisian akan melewati kawasan Hutan Mbeliling. Udara nan sejuk dan suasana asri akan menemani perjalanan kalian yang meliuk-liuk menyusuri jalan berkelok-kelok.

Jalanan cukup sepi dan cuma berpapasan dengan beberapa kendaraan, memberikan udara bersih dan segar. Terutama jika Sobat Turisian melakukannya di saat pagi hari.

Rute Menuju Cunca Wulang

Rute ke air terjun ini, Sobat Turisian bisa melakukan perjalanan darat dengan berkendara kurang lebih 35 menit dari Labuan Bajo. Hingga tiba di pertigaan Ceko Nobo. Lanjut menuju Kampung Warsawe dengan durasi perjalanan sekitar 10 menit.

Dari kampung itu, Sobat Turisian dapat meminta bantuan pemandu lokal untuk mengantar hingga tiba di Cunca Wulang. Dengan jarak tempuh sekira 3 km setelah membayar pas masuk dan mendapat informasi yang dibutuhkan.

Baca juga: Melepas Kepenatan di Pantai Dintor Manggarai yang Cantik

Jalur menuju air terjun tersebut akan melewati kebun dan sawah tadah hujan milik masyarakat setempat. Serta melewati hutan nan cantik dengan pohon-pohon yang tinggi menjulang. Suasana damai dan hawa sejuk yang semakin terasa, membuat perjalanan kalian lebih menyenangkan.*

Pos terkait