Menikmati Keindahan Cunca Rami, Air Terjun di Tengah Hutan Rindang nan Asri

Cunca Rami
Cunca Rami, Manggarai Barat, NTB. (Source: Disparbud Kab. Manggarai Barat)

TURISIAN.com – Ketika liburan di Labuan Bajo, Sobat Turisian bisa sekalian menikmati alternatif wisata air terjun di Kabupaten Manggarai Barat. Namanya Cunca Rami dengan view yang sangat indah dan bakal membuat kalian terpukau.

Sesuai namanya, daya tarik air terjun ini karena lokasinya berada di tengah hutan rindang pepohonan yang asri dan menyejukkan. Dengan ketinggian air terjun sekitar 30 meter dan di bawahnya terdapat kolam berwarna biru dan jernih, terlihat sangat cantik.

Sobat Turisian di kolam tersebut bisa berenang atau sekadar bermain air untuk menikkati kesegaran alami. Objek wisata Cunca Rami ini pun sangat cocok buat kalian yang ingin healing atau refreshing dari rutinitas pekerjaan.

Nama Cunca Rami sendiri berasal dari Bahasa Manggarai, yaitu kata “Cunca” yang berarti air terjun dan “Rami” artinya hutan. Jadi dapat disimpulkan bahwa arti dari nama air terjun ini merupakan air terjun yang terletak di dalam hutan.

Menariknya lagi, saat berada di sini Sobat Turisian tak hanya bisa menikmati pesona air terjun. Namun dapat menyaksikan pelangi di bawah air terjun yang terjadi dari sinar matahari yang mengenai percikan air.

Baca juga: Melepas Kepenatan di Pantai Dintor Manggarai yang Cantik

Sungguh menjadi pemandangan yang indah dan tentunya hal ini tidak setiap hari dapat terjadi. Itu hnaya jika Sobat Turisian sedang beruntung saja. Sehingga kalian harus menyiapkan perangkat kamera untuk mengabadikan momen terbaik apabila pelangi muncul.

Aktivitas Trekking di Cunca Rami

Destinasi wisata alam ini berada pada lokasi yang dalam dan agak terpencil, jauh dari keramaian. Dari Labuan Bajo Sobat Turisian pun tidak bisa mengakses air terjun secara langsung menggunakan kendaraan. Tetapi hanya sampai pada sebagai rute menuju air terjun ini, sisanya kalian harus menjangkaunya dengan berjalan atau trekking.

Sehingga para pehobi trekking yang terbiasa berjalan melewati alam dengan medan yang penuh petualangan, sangat pas untuk berkunjung ke lokasi wisata Cunca Rami. Begitu sampai di lokasi, segala rasa lelah dan keluh akan terbayar lunas dengan keindahan air terjun yang satu ini.

Lokasi Air Terjun

Objek wisata tersebut terletak di kawasan hutan tropis Mbeliling, Desa Golo Ndaring, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Rute menuju Cunca Rami bisa berangkat dari Bandara Labuan Bajo dengan waktu tempuh berjarak sekitar satu jam perjalanan. Selanjutnya Sobat Turisian harus berjalan kurang lebih selama satu jam melintasi hutan dan gunung Mbeliling. Namun, jangan khawatir dan menyerah, karena selama proses perjalanan menuju ke sana dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan.

Baca juga: Mengenal Tari Caci, Tari Perang dari Manggarai Flores NTT

Saat menyusuri jalanannya Sobat Turisian akan menjumpai hutan produktif dengan tanamannya yang sejenis, seperti pohon vanili dan kemiri. Tanaman itu hasil budidaya secara langsung oleh petani setempat. Lalu berlanjut menyusuri sungai kecil yang memiliki air jernih.

Kalau beruntung kalian dapat pula menemukan bunga-bunga indah di sepanjang perjalanan. Hingga akhirnya tiba di Cunca Rami. Sobat Turisian akan langsung memanjakan mata dengan pesonanya dan merasakan kesegaran airnya.*

 

Pos terkait