Melepas Kepenatan di Pantai Dintor Manggarai yang Cantik

Pantai Dintor
Suasana Pantai Dintor dengan view Pulau Mules, di Manggarai, NTT.

TURISIAN.com – Buat Sobat Turisian yang sedang merasa penat dan jenuh dengan pekerjaan atau rutinitas sehari-hari, saatnya istirahat dengan liburan ke pantai. Sebab suasana laut dan pantai bisa bikin pikiran dan jiwa tenang. Untuk pilihan pantainya, kalian bisa mencobanya datang ke Pantai Dintor di Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Objek wisata pantai ini terletak di Desa Satar Ruwuk, Kecamatan Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai, Flores, NTT. Tempat wisata NTT ini memiliki pesona keindahan tersendiri.

Di sini Sobat Turisian bisa menikmati sajian hamparan pasir berpadu dengan bebatuan serba putih di sepanjang bibir pantai. Tambah lagi dengan angin yang bertiup sepoi-sepoi, bakal memanjakan pikiran dan hati jadi tenang.

Kalau Sobat Turisian tertarik berkunjung ke pantai ini, bisa melakukan perjalanan dengan waktu sekitar 2,5 jam berkendara dari Ruteng, ibu kota Kabupaten Manggarai. Jika melewati pantai selatan Manggarai, kalian juga bisa menikmati keindahan pantai lain yang tak kalah memesona.

Hal menarik lain ketika berada di pantai yang satu ini, sambil menikmati panorama laut dari bawah pohon rindang, Sobat Turisian juga bisa melihat Pulau Mules yang ada di seberang. Pulau kecil di ujung selatan Manggarai ini menampilkan keunikan.

Baca juga: Mengenal Tari Caci, Tari Perang dari Manggarai Flores NTT

Keunikannya dari bentuk Pulau Mules yang tampak seperti putri yang sedang tidur dari kejauhan. Itulah sebabnya masyarakat setempat menyebutnya Nuca Molas yang artinya pulau cantik.

Berkunjung ke Pulau Mules

Sobat Turisian juga dapat mengunjungi Pulau Mules tersebut. Caranya, dari Dermaga Pantai Dintor, kalian harus menyeberang menggunakan perahu nelayan setempat. Waktu tempuh ke pulau cantik ini kurang lebih selama 30 menit.

Di Pulau Mules, Sobat Turisian bisa memanjakan mata dengan pemandangan pasir putih seperti di objek wisata pantai di seberangnya tersebut. Serta latar tebing-tebing tinggi menjulang sejauh mata memandang. Sungguh eksotis dan memukau, Sob!

Selain pemandangan alam, di Pulau Mules terdapat 3 kampung, yakni Kampung Peji, Labuan Taur, dan Kampung Konggang. Namun tidak semua penduduk berasal dari Suku Manggarai seperti kawasan lain, sebagian berasal dari Suku Bima, Ende, dan Bugis.

Keramahan Masyarakat di Kawasan Pantai Dintor

Daya tarik pantai di Manggarai ini di luar pesona alamnya, Sobat Turisian bisa merasakan keramahan masyarakat setempat. Budaya mereka masih sangat kental dan terkenal dengan keramahannya. Kalian bisa bercengkrama dengan akrab dan komunikatif.

Baca juga: Menjelajah TWA Ruteng NTT untuk Menikmati Keindahan Danau Ranamese

Mayoritas masyarakat di kawasan Pantai Dintor merupakan Suku Manggarai. Sehingga bahasa yang mereka pakai dalam kehidupan sehari-hari adalah bahasa Manggarai atau terkenal juga dengan sebutan Tombo Manggarai.*

 

 

 

Sumber & Foto: indonesia.travel

Pos terkait