Situ Cibeureum, Tempat Rekreasi Gratis di Kabupaten Bekasi

Situ Cibeureum
Situ Cibeureum di Kabupaten Bekasi, Jabar. (Source: Dispar Kab. Bekasi)

TURISIAN.com – Sobat Turisian yang ingin menghabiskan liburan akhir pekan, terutama yang tinggal di wilayah Jabodetabek, bisa berkunjung ke Situ Cibeureum. Tempat rekreasi gratis di Kabupaten Bekasi ini menyajikan eksotisme pesona alam dengan suasana yang menenangkan.

Lokasi destinasi wisata ini berada di wilayah administratif Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.  Di tempat rekreasi favorit warga dan masyarakat Kabupaten Bekasi ini, Sobat Turisian bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa.

Salah satu daya tarik objek wisata Situ Cibeureum ini pemandangannya yang indah. Selain itu juga ada kisah legenda masyarakat Tambun-Bekasi yang melekat, yaitu tentang siluman buaya putih.

Untuk akses masuk ke kawasan wisata alam Kabupaten Bekasi yang satu ini tidak ada pintu gerbang keluar masuk. Sobat Turisian hanya  bisa melalui jalan desa yang sudah dibeton sebagai penanda masuk ke situ tersebut dan lebarnya cukup untuk kendaraan roda empat.

Begitu memasuki kawasan Situ Cibeureum, Sobat Turisian langsung bisa melihat suguhan pemandangan indah dan suasana yang sejuk nan asri. Enaknya lagi, di objek wisata ini juga telah banyak berdiri warung kuliner dan spot penjual berbagai aksesori.

Baca juga: Cerita Dibalik Panorama Sunge Jingkem, Hutan Mangrove di Pesisir Bekasi Utara

Jadi sembari menikmati pemandangan alam situ, Sobat Turisian dapat mencicipi kelezatan kuliner khas danau di tepiannya. Bangunan warungnya semi permanen terbuat dari bambu seperti saung, sehingga kalian masih dapat melihat dengan jelas lingkungan sekitarnya.

Tak hanya itu, Situ Cibeureum Kabupaten Bekasi ini juga menjadi salah satu lokasi pemancingan favorit bagi warga dan masyarakat sekitar. Di dalam danau banyak hidup ikan air tawar seperti ikan mujair, gabus, tawes, keting, dan lain sebagainya.

Tiket & Lokasi Situ Cibeureum

Menariknya, berkunjung ke objek wisata ini Sobat Turisian tak perlu membayar tiket masuk alias gratis. Tak heran banyak masyarakat sekitar maupun luar wilayah Bekasi yang datang tak hanya berwisata, tapi juga sekadar mampir melepas penat.

Lokasi destinasi wisata Situ Cibeureum ini berjarak 26 km dari Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi. Atau sekitar 21,7 km dari pusat kota Kabupaten Bekasi. Dapat Sobat Turisian tempuh dengan durasi perjalanan kurang lebih 45-60 menit.

Baca juga: Wisata Alam Gratis di Hutan Bambu Bekasi, Dengan Suasana Masih Asri

Nah untuk pilihan waktu yang terbaik mengunjungi objek wisata situ ini, yakni di pagi hari karena udara masih sangat sejuk. Serta di sore hari sebab pemandangan matahari terbenamnya terlihat begitu indah.*

Pos terkait