Danau Lut Tawar Aceh Tengah yang Indah dan Menyimpan Legenda Masyarakat Gayo

Danau Lut Tawar
Danau Lut Tawar, Takengon, Aceh Tengah. (Source: Dispar Kab. Aceh Tengah)

 TURISIAN.com – Takengon, ibu kota Kabupaten Aceh Tengah dengan mayoritas Suku Gayo memiliki ragam objek wisata, termasuk wisata alam yang memesona. Salah satunya Danau Lut Tawar atau Danau Laut Tawar. Sobat Turisian wajib masukkan destinasi ini untuk list liburan nanti.

Danau ini terletak pada dataran tinggi yang berhawakan sejuk dan segar. Lokasinya tepat  berada di Kabupaten Aceh Tengah dengan Ibu Kota Takengon. Sobat Turisian bisa menempuhnya dari Banda Aceh sekitar 314,3 kilometer, kurang lebih 6-8 jam dengan perjalanan darat.

Selain menyajikan keindahan alam, Danau Lut Tawar juga menyimpan beragam legenda atau cerita masyarakat Gayo secara turun- temurun. Salah satunya asal-usul sebutan “Lut Tawar”.

Di luar itu, danau ini pun mempunyai beragam spesies flora fauna, seperti spesies ikan yang khas, yaitu Ikan Depik yang menangkapnya dengan cara yang menarik. Masyarakat Gayo menyebut alat tangkapnya dengan sebutan “Penyangkulen”.

Luas Danau Lut Tawar mencapai sekira 5,472 Ha, dengan panjang 17 kilometer dan lebar 3,19 kilometer. Tempat ini berada di ketinggian kurang lebih 1.100 mdpl. Di sekelilingnya, Sobat Turisian bisa menyaksikan view pegunungan dengan panorama yang indah dan beberapa sungai-sungai kecil yang airnya mengalir ke danau ini.

Baca juga: Nikmatnya Kuah Beulangong Aceh yang Mampu Mempererat Silaturahmi

Masyarakat Gayo banyak mendapat manfaat dari Danau Laut Tawar tersebut, mulai dari mencari ikan hingga menjadikan danau sebagai tujuan wisata untuk wisatawan domestik maupun mancanegara. Hampir di semua pinggiran danau terdapat spot-spot wisata yang sangat menarik untuk Sobat Turisian nikmati.

Spot Wisata di Sekitar Danau Laut Tawar

Di sekeliling  Danau Lut Tawar juga terdapat beberapa kampung yang memang sudah ada sejak dulu.  Sebelum adanya jalan Takengon – Bintang, masyarakat yang berdomisili di kampung tersebut menggunakan akses danau untuk menuju Kota Takengon dengan menggunakan perahu kayu.

Salah satu kampung sekaligus spot wisata yang bisa Sobat Turisian kunjungi, yaitu Kampung Mendale yang berdekatan dengan objek wisata sejarah dan arkeologi Ceruk Mendale. Di sini Sobat Turisian bisa menikmati keindahan danau dengan ikon tulisan “Danau Lut Tawar” berukuran besar.

Tak hanya itu, kalian juga bisa berswafoto dengan latar danau dan ikon tulisan, jamin hasil fotonya sangat instagenik banget. Fasilitas di kawasan ini pun sudah memadai, tersedia penginapan, rumah makan, dan kios-kios. Untuk memenuhi kebutuhan saat berrekreasi mengisi hari libur bersama keluarga atau teman.

Baca juga: 8 Objek Wisata di Banda Aceh ini Bisa Kamu Kunjungi dalam Sehari

Rekreasi di Danau Lut Tawar, Sobat Turisian dapat menikmati udara segar, hawa yang sejuk, panorama yang indah, serta kuliner yang beragam. Sungguh menjadikan liburan kalian lebih nyaman dan berkesan.*

Pos terkait