Rekreasi ke Embung Bansari Temanggung dengan Panorama Memukau

Embung Bansari
Embung Bansari di Temanggung, Jateng. (Source: Dinbudpar Temanggung)

TURISIAN.com – Sobat Turisian yang lagi berkunjung ke Temanggung, bisa sekalian ajak keluarga atau tema rekreasi ke Embung Bansari. Tempat wisata sangat cocok menghabiskan waktu luang dengan menikmati keindahan alam dan udara yang segar khas pegunungan.

Begitu sudah berada di ketinggian tempat ini, Sobat Turisian akan mendapat sajian kolam seluas 2453 meter persegi dengan bentuk yang sangat cantik. Dengan latar deretan pegunungan di sekitarnya.

Embung Bansari sendiri merupakan sebuah kolam penampung air hujan yang berada di atas ketinggian. Letaknya berada di ketinggian 1.300 mdpl dengan pesona bentang alam luar biasa.

Dari atas sini, Sobat Turisian bisa melihat kolam besar nan cantik dengan view Gunung Sindoro di belakangnya. Bahkan saat cuaca sedang cerah akan tampak juga delapan gunung lainnya. Antara lain Gunung Sumbing, Merbabu, Merapi, Telomoyo, Prau, Andong, Ungaran, hingga Muria.

Pembangunan Embung Bansari ini memiliki manfaat utama sebagai konservasi, irigasi tetes perkebunan, dan penyediaan air. Hingga akhirnya menjadi salah satu destinasi wisata Temanggung yang menarik untuk Sobat Turisian kunjungi.

Baca juga: Berkunjung ke Wisata Alam Sewu Temanggung dengan Panorama yang Eksotis

Dulunya, tempat tersebut memang sengaja dibuat untuk mengairi sawa dan kebun milik beberapa warga. Namun karena memiliki daya potensi yang menarik, kemudian pengelola membukanya untuk umum pada akhir tahun 2020.

Fasilitas & Harga Tiket

Meski tergolong tempat wisata baru di Temanggung, namun Embung Bansari sudah memiliki beberapa fasilitas pendukung yang cukup lengkap. Di sini Sobat Turisian dapat menggunakan beberapa fasilitas yang sudah tersedia, di antaranya tempat parkir, musala, warung makan, toilet, camping ground, dan lainnya.

Sebagai salah satu objek wisata unggulan dan menarik di Temanggung, kawasan ini mematok harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Harga tiket masuknya hanya sekitar Rp 5.000 per orang, tarif parkir motor Rp2.000 dan mobil Rp5.000. Namun harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Lokasi dan Rute Menuju Embung Bansari

Objek wisata buatan yang satu ini berlokasi di Desa Bansari, Kecamatan Bansari, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah. Untuk menjangkaunya, Sobat Turisian bisa melalui rute yang cukup dekat pusat kota Temanggung.

Baca juga: Menenangkan Pikiran dan Manjakan Mata di Bukit Kembang Arum Temanggung

Jarak dari pusat kota Temanggung ke Embung Bansari sekitar 18 kilometer. Hanya membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih selama 45 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi dalam kondisi prima. Akses jalannya juga sudah sangat mendukung. Bagi yang masih binggung bisa menggunakan bantuan aplikasi Google Maps.*

Pos terkait