Dermaga Pante Menye, Spot Keren Menikmati Pesona Danau Lut Tawar Aceh Tengah

Dermaga Pante Menye
Dermaga Pante Menye Aceh Tengah. (Source: Dispar Kab. Aceh Tengah)

TURISIAN.com – Wisata Kabupaten Aceh Tengah tak lepas dari pesona Danau Lut Tawar yang sangat indah. Hingga melahirkan banyak spot-spot wisata keren dan menarik di sekitar danau ini. Seperti salah satunya Dermaga Pante Menye.

Dermaga berbentuk mirip perahu dan ikon kearifan lokal Kerawang Gayo. Pembangunan tempat wisata ini oleh pemerintah setempat untuk menambah daya tarik wisata Kabupaten penghasil kopi Arabika itu.

Masyarakat sekitar menyebutnya Dermaga Pante Menye yang berasal dari bahasa daerah setempat. “Pante Menye” adalah nama dari daerah lokal, jika diterjemahkan berarti Pantai Manja. Lokasinya berada di Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh.

Dari spot keren tersebut, Sobat Turisian bisa menikmati indahnya hamparan Danau Lut Tawar yang tampak jelas dan bakal memanjakan mata kalian. Tempat ini juga sangat cantik dan tentunya instagenic sebagai spot foto kalian karena latarnya danau yang eksotik.

Baca juga: Danau Lut Tawar Aceh Tengah yang Indah dan Menyimpan Legenda Masyarakat Gayo

Suasananya yang tenang dengan view alam yang memesona, menjadikan Dermaga Pante Menye tempat yang menarik untuk Sobat Turisian kunjungi. Terlebih bagi kalian yang mencari ketenangan dan ingin melepas kepenatan dari rutinitas sehari-hari.

Selain menikmati keindahan danau dan panorama alam di sekitarnya, Sobat Turisian juga bisa menyaksikan warga menangkap ikan dengan alat khas di sana yang bernama “Serue”. Sebuah alat untuk menangkap ikan dengan cara menenggelamkannya ke dasar danau pada sore hari dan ambil pada esok paginya.

Lokasi Pante Menye

Spot wisata kekinian tersebut berlokasi di Kala Bintang, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Sobat Turisian bisa menempuhnya kurang lebih 50 menit perjalanan dari kota Takengon, ibu kota Kabupaten Aceh Tengah.

Baca juga: Bur Lancuk Leweng Sajikan Keindahan Danau Lut Tawar dan Kota Takengon

Sobat Turisian dapat menjangkaunya menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Kemudian bebas memilih jalur kiri atau jalur kanan. Lantaran lokasi Dermaga Pante Menye berada di paling ujung Danau Lut Tawar.*

 

Pos terkait