Bur Lancuk Leweng Sajikan Keindahan Danau Lut Tawar dan Kota Takengon

Bur Lancuk Leweng
Bur Lancuk Leweng Aceh Tengah. (Source: Dispar Kab. Aceh Tengah)

TURISIAN.com – Danau Lut Tawar menjadi salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Aceh Tengah. Namun selain mengunjungi langsung, Sobat Turisian dapat menyaksikan keindahan danau dari sejumlah spot wisata di perbukitan yang mengelilingnya. Salah satunya Bur (puncak) Lancuk Leweng.

Objek wisata tersebut masuk ke dalam wilayah Kampung Asir-Asir, Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Berada di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut. Sehingga memberikan udara yang sejuk khas pegunungan.

Dulunya kawasan Bur Lancuk Leweng hanyalah perbukitan yang tidak produktif dengan status lahan adat dan banyak tumbuh semak belukar serta ilalang. Namun berkat kreativitas pemuda setempat yang tanpa lelah memebenahi area tersebut hingga menjadi tempat wisata yang indah.

Nama tempat ini berasal dari kata “Lancuk” yang berarti puncak dan “Leweng” artinnya gunung yang banyak tumbuh rerumputan. Dengan puncaknya memiliki dataran, sangat cocok untuk area camping Objek wisata ini juga sempat menjadi landasan terbang layang.

Pemandangan Kota Takengon dan Danau Lut Tawar bisa Sobat Turisian nikmati dengan mengarahkan pandangan ke sebelah kiri dari Bur Lancuk Leweng. Panorama keindahan Kota Takengon akan lebih menawan lagi di kala malam hari.

Baca juga: Danau Lut Tawar Aceh Tengah yang Indah dan Menyimpan Legenda Masyarakat Gayo

Di sini pun Sobat Turisian bisa berkemah untuk menikmati dua keindahan sekaligus. Yakni saat senja dengan pesona sunsetnya dan pagi hari untuk menyaksikan sunrise yang cantik. Jangan lupa abadikan momen lewat foto-foto yang kece.

Akses Menuju Bur Lancuk Leweng

Untuk menuju ke destinasi wisata alam di Aceh Tengah tersebut, Sobat Turisian mesti berjalan kaki. Sekaligus berolahraga dan menikmati udara segar dari deretan pohon pinus yang tampak asri. Sehingga perjalanannya terasa menyenangkan.

Sobat Turisian juga harus menyiapkan kondisi fisik yang prima. Karena rute yang akan kalian lalui menuju Bur Lancuk Leweng masih sangat ekstrem. Jalurnya hanya bisa memakai roda dua dan itupun cuman setengah perjalanannya. Untuk selanjutnya mesti berjalan kaki mendaki gunung sampai ke puncaknya.

Meskipun akses jalan masih terjal, sudah banyak wisatawan berdatangan. Mereka pun banyak memposting beberapa foto dengan latar kawasan ini di medsos.

Baca juga: Inilah 5 Tempat Wisata Sabang Aceh yang Bikin Gak Mau Pulang

Sobat Turisian pun dapat melakukan aktivitas foto seperti wisatawan lain. dengan mengambil sudut foto, di mana postur badan menghadap ke arah matahari terbit sembari memandang bentangan Kota Dingin Takengon. Pasti hasilnya eksotik dan instagenic banget, Sob!*

Pos terkait