Inilah 5 Tempat Wisata Sabang Aceh yang Bikin Gak Mau Pulang

Sabang Aceh
Suasana pagi saat matahari terbit di pantai Sumur Tiga, Pulau Weh, Kota Sabang, Provinsi Aceh. Foto: iStock

TURISIAN.com – Kamu pasti pernah dengar Sabang Aceh kan? Yapt, kota mungil yang berada di ujung barat Indonesia ini merupakan sebuah kota kecil  pada kawasan pulau Weh.

Untuk bisa sampai ke pulau Weh ini kalian bisa menggunakan kapal feri dari pelabuhan Ulele Banda Aceh.

Ngomong-ngomong kamu tahu nggak? Kota kecil ini ternyata memiliki beberapa wisata yang keren untuk kamu kunjungi loh. Apa-apa sajakah itu? Yuk kita intip pada ulasan berikut ini!

Tugu Kilometer Nol

Objek wisata ini terletak pada area Hutan Wisata Sabang, tepatnya di Desa Iboih, Kecamatan Sukakarya, Kota Sabang, Provinsi Aceh.

Untuk mencapai tempat ini kamu harus melewati jalan yang berliku-liku dengan pemandangan hutan lindung dan laut yang berpadu indah.

BACA JUGA: Pecinta Kuliner Nusantara, Ayo Merapat ke Aceh Culinary Festival 2022!

Tugu ini merupakan sebuah bangunan setinggi 22,5 meter dengan bentuk lingkaran berjeruji. Bagian atas tugu terdapat lingkaran dengan bentuk menyempit seperti bor.

Pada puncak tugu terdapat patung burung garuda menggenggam angka nol dilengkapi prasasti marmer hitam yang menunjukkan letak geografisnya.

Pinggir jalan tugu tersebut terdapat tulisan “Kilometer Nol Indonesia”, yang merupakan tempat favorit para wisatawan untuk berfoto.

Benteng Jepang Anoi Itam

Benteng Anoi Itam  ini terletak  sekitar 12 Km dari pusat Kota Sabang.  Objek wisata ini berdiri  antara tahun 1942-1945.

Dulunya benteng Anoi Itam  sebagai tempat penyimpanan berbagai jenis senjata bagi armada Jepang terletak pada kwasan Pantai Anoi Itam.

Sebenarnya banyak benteng-benteng yang terhubung melalui terowongan. Namun saat ini telah tutup engan alasan untuk keamanan warga kota.

Berbeda dengan pantai-pantai lainnya Pulau Weh. Pantai sini memiliki pasir yang berwarna hitam. Oleh karena itu bernama Pantai Anoi Itam (pasir hitam).

BACA JUGA: Grand Canyon Penuntungan, Surga Tersembunyi di Subulussalam Aceh

3. Wisata Pantai Kasih

Terletak tidak terlalu jauh dari Kota Sabang. Jaraknya hanya sekitar 2 km, karena itu merupakan pantai yang paling mudah terjangkau.  Pasir pantainya berwarna putih bersih, namun tidak terlalu luas karena adanya dominasi batu karang yang banyak.

4. Pantai Iboih

Kawasan wisata pantai ini  merupakan pantai yang paling banyak mendapat kunjungan wisatawan. Bahkan, pantai ini menyajikan spot yang paling indah dari Pulau Weh.  Banyak terdapat penginapan dengan konsep resort.

Ketika kamu menginap di pantai ini, maka kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang luar biasa.

Hampir semua kamar penginapan menghadap laut sehingga kamu akan mendapatkan pemandangan laut yang berwarna biru cerah dan terkadang membentuk gradasi biru yang menawan.

5. Pulau Rubiah

Berangkat dari Pantai Iboih membuat perjalanan ke Pulau Rubiah memiliki jarak dan waktu tempuh yang paling singkat, serta alat tranportasi yang mudah diakses.

Kamu dapat menyewa boat atau naik perahu bottom glass boat yang banyak disewakan di sepanjang Pantai Iboih.

Pulau Rubiah adalah surga bagi para wisatawan yang gemar dengan diving atau snorkeling. Pulau yang tak berpenghuni ini menyediakan peralatan diving dan snorkeling untuk disewakan kepada para wisatawan.

BACA JUGA: Pantai Ulee Lheue Banda Aceh, Pilihan Tepat Buat Rekreasi Keluarga

Di pantai Rubiah kamu juga bisa menyelam atau sekedar melakukan snorkeling untuk menikmati keindahan ikan-ikan dan terumbu karang di perairan Pulau Rubiah.

Laut yang tenang dan dangkal membuat kamu dengan mudah bisa melihat dan bercengkrama dengan ikan-ikan Nemo.

Tidak disediakan penginapan di Pulau ini sehingga ketika hari beranjak senja atau sore kamu harus kembali ke pantai Iboih.

Jaraknya yang dekat antara Pulau Rubiah dan pPntai Iboih membuat kamu tak perlu khawatir kemalaman di perjalanan.  Dalam waktu 15 menit kamu akan tiba kembali di Pantai Iboih.

Well Sobat Turisian,  jika kamu ada kelonggaran waktu dan biaya maka berkunjunglah ke Sabang Aceh. Nikmati keindahan alamnya yang tak kalah dari Maldives. ***

Pos terkait