Muara Enim Punya Air Terjun Bedegung, Tertinggi di Sumatra Selatan

Air Terjun Bedegung
Air Terjun Begedung atau Curup Tenang di Muara Enim, Sumsel.

TURISIAN.comKabupaten Muara Enim punya air terjun tertinggi di Sumatra Selatan yang menarik untuk Sobat Turisian kunjungi. Namanya Air Terjun Bedegung atau banyak juga yang menyebutnya dengan Curup Tenang.

Air terjun tersebut memiliki ketinggian mencapai 99 meter dengan sumbernya dari mata air yang tidak pernah kering di celah Bukit Barisan. Kemudian turun di sungai kecil yang cukup deras, berbatu, dan memiliki udara sekitar yang sangat sejuk.

Untuk menjangkau Air Terjun Bedegung, Sobat Turisian mesti melintasi jalan setapak sepanjang 600 meter yang dibangun di tepi sungai. Serta jembatan yang melintasi sungai kecil. Di sekitarnya, tersedia pondok-pondok yang bisa kalian tempati secara gratis.

Di pondok-pondok itu, Sobat Turisian dapat bersantai sejenak memulihkan tenaga. Selain itu juga terdapat bebatuan besar yang terhampar, sehingga kalian bisa duduk-duduk di atasnya sembari menikmati dahsyatnya pesona keindahan Curup Tenang.

Baca juga: Healing ke Curup Selingsing Muara Enim yang Bikin Jiwa Adem

Selama berada di objek Air Terjun Bedegung, Sobat Turisian tak hanay bisa menikmati panorama alam dan kesejukan udara. Namun kalian pun mesti berfoto-foto ria di atas bebatuan atau jembatan dengan latar air terjun yang memukau tersebut. Jamin hasilnya akan eksotik dan instagenic.

Tak hanya itu, bagi Sobat Turisian pecinta wsiata ekstrem bisa menjalajal arung jeram yang tersedia di kawasan wisata ini. Akltivitas rafting tersebut akan mengajak kalian menyusuri Sungai Curup Tenang Bedegung dengan durasi kurang lebih 2 jam.

Kalian pun bakal menemukan daya tarik lain di destinasi wisata Air Terjun Bedegung. Seperti pemandian alami dengan air dingin yang segar, area memancing, berserta berbagai fasilitas pendukungnya. Sehingga Sobat Turisian bisa menikmati banyak aktivitas seru di sini.

Lokasi Air Terjun Bedegung

Objek wisata Curup Tenang berlokasi di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatra Selatan. Berjarak sekira 56 km ke arah selatan Muara Enim dan sekitar satu jam atau 210 km dari kota Palembang. Sobat Turisian pun bisa menempuhnya dengan kendaraan bermotor.

Baca juga: Cari Ketenangan Dulu di Danau Deduhuk Muara Enim Sumsel

Pemerintah setempat juga telah membangun jalan baru dari Prabumulih ke Simpang Meo sepanjang 87 km. Melalui kawasan hutan tanaman industri dan perkebunan kelapa sawit. Hal ini untuk memudahkan para wisatawan yang datang dari luar Kabupaten Muara Enim. Serta memotong jarak dan waktu tempuh menuju Air Terjun Bedegung.*

 

 

Sumber & Foto: Disbudpar Sumsel

Pos terkait