Pesona Air Terjun Lemutu Muara Enim yang Bikin Adem dan Pikiran Tenang

Air Terjun Lemutu
Air Terjun Lemutu Muara Enim, Sumsel. (Source: Pemkab Muara Enim)

TURISIAN.com – Saat berkunjung ke Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, sempatkanlah Sobat Turisian mampir ke wisata Air Terjun Lemutu atau Curup Lemutu. Di sini kalian bisa memanjakan mata dan menenangkan pikiran.

Aliran airnya cukup deras dengan banyak deretan bebatuan besar berukuran lebih dari 2 meter tepat di depan air terjun. Salah satu yang menjadi keunikan air terjun tersebut, tampak pada bentuknya yang seperti anak tangga atau tingkatan. Sobat Turisian bisa mencoba mandi dan merasakan sensasi dinginnya terpaan air di tiap tingkatan air terjun.

Air Terjun Lemutu mempunyai tiga undakan atau tiga tingkatan, di tingkat yang paling bawah mempuyai ketinggian sekitar 10 meter. Lalu di tingkat ke-2 air terjun tampak menyebar membentuk tingkatan-tingkatan kecil setinggi antara dua hingga lima meter.

Sementara pada tingkat ke-3 atau yang tertinggi terlihat lebih indah. Di objek wisata air terjun ini tampak pada bagian tengah sungai ada lekukan tempat mengalirnya air ke bagian bawah.

Baca juga: Cari Ketenangan Dulu di Danau Deduhuk Muara Enim Sumsel

Lokasi Air Terjun Lemutu cukup strategis dan akses jalannya mudah serta memadai yang memudahkan Sobat Turisian. Menariknya, masyarakat sekitar menolak untuk mengelola air terjun ini, baik dari pemerintah maupun swasta. Sebab mereka tidak ingin keasrian dari air terjun menjadi rusak karena ulah tangan manusia.

Lokasi & Akses ke Air Terjun Lemutu

Objek wisata tersebut berada di Desa Tanjung Bulan, Kecamatan Tanjung Agung. Berjarak sekira 40 km dari pusat kota Muara Enim. Akses untuk ke sini sangat mudah untuk Sobat Turisian lalui.

Bahkan, bagi Sobat Turisian yang tak punya kendaraan pribadi bisa menggunakan transportasi umum. Ada banyak angkutan umum atau masyarakat sekitar menyebutnya taksi yang mengarah ke titik lokasi Air Terjun Lemutu ini. Ongkosnya hanya sekitar Rp20.000.

Dari titik pemberhentian terakhir kendaraan, Sobat Turisian mesti lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 15 menit menuju air terjun. Kalian hanya perlu melintasi jalan dengan mengikuti plang petunjuk arah ke lokasi air terjun.

Jalur menuju Air Terjun Lemutu masih berupa jalan tanah. Sehingga sangat bergantung dengan cuaca ketika melewatinya. Kalau cuaca sedang hujan akan menemui jalanan becek.

Baca juga: Masjid Cheng Ho, Objek Wisata Religi Favorit di Kota Palembang

Menariknya lagi, sepanjang perjalanan tersebut Sobat Turisian akan disuguhi pemandangan dan suasana alam yang masih asri. Di sisi kanan dan kiri jalan setapak itu masih terbentang pepohonan liar dan tanaman kopi.*

Pos terkait