Healing ke Curup Selingsing Muara Enim yang Bikin Jiwa Adem

Curup Selingsing
Curup Selingsing di Kabupaten Muara Enim, Sumsel. (Source: Pemkab Muara Enim)

TURISIAN.com – Curup Selingsing atau Air Terjun Seligsing ini merupakan objek wisata alam yang masih tersembunyi di Kabupaten Muara Enim. Tempat yang cocok untuk Sobat Turisian yang ingin healing atau refeshing.

Nama Selingsing sendiri merupakan istilah perkebunan karet yang berada di wilayah Sungai Selingsing. Karena sumber air terjun tersebut berasal dari sungai itu, maka warga menyebutnya dengan air terjun Selingsing.

Ketinggian Curup Selingsing ini mencapai sekitar 15 meter dan lebar 10 meter. Sehingga tampak luas dan memukau begitu Sobat Turisian melihatnya. Sekelilingnya hutan yang cukup rindang yang membuat suasana asri dengan udara yang menyejukkan.

Salah satu keistimewaan air terjun di Kabupaten Muara Enim tersebut mempunyai kolam jatuhan air yang dasarnya merupakan batubara yang tidak licin saat Sobat Turisian injak. Sehingga kalian dapat leluasa untuk berfoto dan madi di air yang sangat jernih itu.

Baca juga: Pesona Air Terjun Lemutu Muara Enim yang Bikin Adem dan Pikiran Tenang

Tampilan Curup Selingsing ini bertingkat, luas, dan cukup dalam, sehingga Sobat Turisian harus tetap hati-hati. Namun ada pula beberapa bagian yang dangkal yang cocok buat anak-anak.

Sebagian areanya menampilkan view yang memesona. Tampilannya menyerupai Water Fail Niagara yang memiliki kedalaman sekitar 3 meter. Sehingga bisa Sobat Turisian manfaatkan untuk titik loncat, hingga menambah keseruan.

Air terjun Curup Selingsing di Kabupaten Muara Enim yang satu ini sangat cocok untuk orang tua dan anak-anak yang ingin mandi atau berenang. Selain lokasinya cukup dekat dan medannya tidak terlalu berat.

Lokasi & Akses ke Air Terjun Selingsing

Objek wisata alam yang memesona tersebut berlokasi di wilayah Kecamatan Tanjung Agung, Sumatera Selatan (Sumsel). Berjarak sekitar 40 kilometer atau kurang lebih 1 jam perjalanan dengan mengggunakan kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat dari pusat kota Muara Enim.

Baca juga: Cari Ketenangan Dulu di Danau Deduhuk Muara Enim Sumsel

Untuk menjangkau lokasi Curup Selingsing, Sobat Turisian bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun rooda empat. Namun jika ingin cepat untuk menjangkau air terjun tersebut, dapat memilih menggunakan sepeda motor. Perjalanannya hanya memakan waktu sekitar 15 menit saja.*

 

Pos terkait