Air Terjun Banyumala Buleleng Bali yang Memesona dan Memikat Mata

Air Terjun Banyumala
Air Terjun Banyumala Buleleng Bali. (Source: wonderfulimages.kemenparekraf)

TURISIAN.com – Wisata di Bali bukan hanya pantai melulu, masih banyak objek wisata alam lainnya seperti gunung, danau, hingga air terjun. Nah salah satu yang menarik dan wajib Sobat Turisian kunjungi, yaitu Air Terjun Banyumala di Kabupaten Buleleng.

Destinasi wisata alam ini terkenal dengan keindahan alamnya yang menawan, dengan air terjun setinggi sekitar 20 meter. Berpadu dengan pepohonan dan vegetasi hijau yang lebat, membuat hawanya segar dan sejuk.

Keistimewaan Air Terjun Banyumala, memiliki tiga formasi jatuhan air, dengan yang terbesar berada di tengah. Kemudian air terjun lebih kecil berada di sebelah kiri dan kanannya. Ada pula sebuah kolam alami yang berada di bawahnya.

Ketika berada di tempat ini, Sobat Turisian dapat menikmati keindahan air terjun yang jernih dan dingin. Kalian juga bisa merasakan kesegaran airnya dengan berenang atau bermain di kolam jatuhan air terjun yang cukup luas dan dalam.

Jika tak ingin basah-basahan, Sobat Turisian bisa pilih duduk-duduk santai sembari menikmati pesona Air Terjun Banyumala dan keindahan pemandangan sekitar. Kalian juga dapat menikmati keindahan alam sekitar dengan berjalan-jalan di sekitar air terjun, melihat pepohonan dan vegetasi yang lebat.

Satu hal yang tak boleh Sobat Turisian lewatkan di sini, yakni hunting foto-foto cantik bernuansa alam dan instagenic tentunya. Di sekitar air terjun terdapat berbagai spot foto yang instagramable dan eksotis untuk menjadi latar foto kalian.

Baca juga: Candi Kalibukbuk Buleleng, Situs Candi Buddha di Pulau Dewata

Bagi Sobat Turisian yang senang aktivitas trekking dan penjelajahan, bisa melakukannya di sekitar air terjun. Kalian bisa menikmati keindahan alam sekitar dan menjelajahi hutan. Lanjut dengan kegiatan camping biar tambah seru dan berkesan.

Tips Berkunjung ke Air Terjun Banyumala

Agar sampai di lokasi air terjun Bali yang satu ini, Sobat Turisian harus melewati jalan setapak dengan medan yang cukup menantang. Sehingga membutuhkan kondisi fisik yang prima. Namun perjalanan menguras tenaga ini, akan terbayar dengan pemandangan yang spektakuler di area air terjun tersebut.

Tak hanya persiapan fisik, Sobat Turisian pun sebaiknya membawa peralatan yang cukup saat berkunjung ke Air Terjun Banyumala. Lalu mengenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman, serta membawa bekal makanan dan minuman yang cukup.

Satu hal penting lagi, tidak merusak lingkungan sekitar dan menjaga kebersihan agar wisata alam ini tetap indah dan lestari.

Lokasi & Rute ke Air Terjun Banyumala

Objek wisata air terjun tersebut terletak di Desa Wanagiri, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali. Berada di sebelah utara Kota Denpasar dan berjarak sekitar 65 kilometer.

Sobat Turisian bisa menuju ke Air Terjun Banyumala dengan melalui rute dari Kota Denpasar. Kemudian akan melewati Badung, Bedugul, dan Danau Buyan. Dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam berkendara.

Baca juga: Menanti Pesona Keindahan Mentari Terbit di Danau Tamblingan Buleleng

Sementara dari pusat kota Kabupaten Buleleng berjarak sekitar 27 hingga 29 kilometer. Waktu tempuhnya lebih kurang 1 jam berkendara. Jika dari Pantai Lovina berjarak 21 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 45 menit.*

 

Pos terkait