Serunya Foto-foto Underwater di Umbul Ponggok Klaten!

Umbul Ponggok
Umbul Ponggok Klaten, Jateng. (iStock)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian pecinta wisata selfie mesti coba foto-foto underwater (di dalam air) yang instagrammable di Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten. Tempat ini cukup populer di Jawa Tengah dan sempat viral di jagat maya.

Sumber mata air alami yang sudah ada sejak masa Kolonial Belanda tersebut, telah berubah menjadi kolam renang dan tempat rekreasi yang menarik. Air kolam yang jernih ini pun memiliki khasiat terapeutik dengan suhu konstan 28-30 derajat Celcius.

Objek wisata Umbul Ponggok ini pun menyajikan pemandangan alam nan indah di sekelilingnya. Sehingga cocok pula buat Sobat Turisian yang ingin relaksasi pikiran untuk melepas kepenatan rutinitas.

Saking airnya jernih, umbul tersebut berkembang menjadi wisata snorkeling dan diving yang unik dan cukup terkenal. Kolamnya berukuran 50 x 25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5 – 2,6 meter. Jadi Sobat Turisian bisa melakukan snorkeling tanpa perlu takut terbawa gelombang seperti di laut.

Keistimewaan lain dari Umbul Ponggok, dasar kolamnya masih berupa pasir dan bebatuan. Berbeda dengan kolam renang pada umumnya yang menggunakan keramik. Di dalamnya pun banyak ikan warna-warni sehingga suasananya benar-benar seperti di bawah laut. Mesti banyak ikan, tapi airnya tidak bau amis, Sob!

Daya tarik utama Umbul Ponggok yang menjadi buruan kaum milenial, yakni aktivitas foto-foto di dalam air (foto underwater) dengan beragam tema dan properti. Hasil-hasil foto-foto underwater itulah yang membawa tempat ini sempat viral dan lebih populer.

Baca juga: Asyiknya Berenang di Umbul Pluneng Klaten dengan Air yang Segar

Tak hanya spot foto underwater, tempat ini juga menyediakan beberapa spot foto di luar kolam yang instagrammable. Spot foto yang paling populer adalah sarang burung raksasa yang menghadap ke kolam renang.

Layanan & Fasilitas Wisata

Pengelola wisata Umbul Ponggok pun sudah menyediakan pelayanan jasa foto dan persewaan kamera underwater dengan operator yang berpengalaman. Jadi Sobat Turisian bisa foto sendiri atau ramai-ramai dengan teman atau saudara dengan mudah.

Umbul Ponggok
Foto underwater di Umbul Ponggok Klaten. (dok. Pemkab Klaten)

Selain peralatan foto, tersedia pula penyewaan paket alat snorkeling, paket diving dan walker, serta wahana permainan air. Fasilitas penunjang wisatawan juga ada, seperti area parkir, rest area, event space, toilet, musala, area kuliner, kolam air khusus anak, kedai oleh-oleh, hingga homestay Tirta Mandiri.

Kalau Sobat Turisian berencana mengunjungi Umbul Ponggok, sebaiknya datang pagi-pagi untuk menghindari keramaian. Waktu terbaik berkunjung ke sini saat musim kemarau, dari Mei hingga September. Jangan lupa kalian membawa pakaian renang, tabir surya, dan kamera untuk mengabadikan pemandangan yang indah!

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Umbul Ponggok

Destinasi wisata yang menarik ini terletak di Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Tempat tersebut buka setiap hari, mulai daeri pukul 06:00 WIB sampai pukul 16:00 WIB.

Untuk harga tiket masuk Umbul Ponggok, Sobat Turisian tak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Karena harganya terjangkau, hanya sekitar Rp. 15.000/orang. Sementara untuk harga paket wisata (tiket masuk, snorkeling, dan pelampung) sebesar Rp30.000/orang.

Baca juga: Unik, Candi Sojiwan di Klaten Punya Relief Berisi Cerita-Cerita Binatang

Harga tiket masuk dan paket wisata tersebut sudah termasuk asuransi, snack spesial Ponggok, donasi 2 % ke Lasizawa-Lembaga amal Desa Ponggok. Namun harga-harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu ya, Sob!*

Pos terkait