Asyiknya Berenang di Umbul Pluneng Klaten dengan Air yang Segar

Umbul Pluneng Klaten
Umbul Pluneng Klaten. (Source: visitjawatengah)

TURISIAN.com – Klaten menyimpan banyak objek wisata umbul alias mata air, hingga mendapat julukan Kota Seribu Mata Air. Salah satu di antaranya Umbul Pluneng, yang berada di Dukuh Miren, Desa Pluneng, Kecamatan Kebonarum, Klaten, Jawa Tengah. Sekitar 10 menit berkendara dari Alun-Alun Klaten.

Keberadaan umbul ini sudah ada sejak dahulu kala, sekitar ratusan tahun lalu. Dan masih terpelihara hingga sekarang. Bahkan Umbul Pluneng terus berkembang dan berbenah.

Kalau dulu hanya ada kolam untuk pemandian, kini di tempat ini Sobat Turisian bisa menikmati sejumlah wahana lain. Pada akhir Februari 2020, hadir wahana waterpark yang masih satu lokasi dengan Umbul Pluneng.

Kehadiran waterpark di Umbul Pluneng langsung menarik pengunjung, terutama anak-anak hingga remaja. Adanya waterpark juga melengkapi wahana lain objek wisata ini, yaitu kolam pemandian untuk remaja hingga orang dewasa.

Umbul Pluneng ini sendiri terbagi menjadi dua bagian dan lokasinya tak begitu jauh. Hanya sekitar 100 meter dan terpisahkan jalan desa. Kedua umbul ini, yaitu Umbul Tirto Mulyono dan Umbul Tirto Mulyani.

Dahulu Umbul Tirto Mulyono atau yang terkenal juga dengan sebutan Umbul Lanang khusus bagi pengunjung lelaki yang ingin menyegarkan diri. Kebalikannya, Umbul Tirto Mulyani hanya untuk pengunjung perempuan.

Baca juga: Berenang di Kolam Mata Air Alami Umbul Pelem Klaten yang Menyegarkan

Namun saat ini, siapa pun boleh masuk. Hal yang membedakannya hanyalah jumlah dan kedalaman kolam. Kolam di Umbul Tirto Mulyani lebih kecil dan tidak terlalu dalam, yaitu 120 cm dan panjangnya hanya 20 x 15 meter.

Sementara di Umbul Tirto Mulyono, ada tiga kolam dengan luas dan kedalaman yang berbeda-beda. Kolam utamanya berukuran 50 x 10,5 meter dengan kedalaman 2 meter. Ada juga kolam anak-anak dengan kedalaman 75 cm dan ukuran 6 x 8,5 meter.

Kualitas Umbul Pluneng Klaten

Sama seperti wisata umbul lainnya di Kabupaten Klaten, umbul yang satu ini juga menyajikan kesegaran air dari sumber mata air alami. Airnya pun sangat jernih dan terus mengalir. Sobat Turisian bisa menikmatinya dengan berenang.

Kualitas airnya pun tak perlu kalian ragukan lagi. Air di Umbul Pluneng memiliki kadar pH 7 dan TDS 100. Sehingga termasuk kategori air sehat bahkan layak minum tanpa perlu memasaknya.

Oleh sebab itu, untuk menjaga kejernihan dan kemurnian air, pihak pengelola Umbul Pluneng yaitu Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Tirta Sejahtera Pluneng melarang pengunjung meludah di area kolam. Pengelola menyediakan semacam selokan di sekeliling kolam sebagai tempat untuk meludah dengan air yang mengalir.

Baca juga: Berkunjung ke Sentra Kerajinan Payung Lukis Juwiring Klaten

Istimewanya lagi, objek umbul ini juga menjadi tempat untuk terapi penyembuhan berbagai penyakit. Misalnya stroke, jantung, diabetes, saraf kejepit, diabetes, pegal-pegal, dan penyakit lainnya. Saat ingin menjalani terapi, Sobat Turisian bisa memakai jasa terapis di Umbul Pluneng.*

Pos terkait