Berenang di Kolam Mata Air Alami Umbul Pelem Klaten yang Menyegarkan

Umbul Pelem Klaten
Kolam renang berair jernih di Umbul Pelem Klaten. (source: visitjawatengah)

TURISIAN.com – Umbul merupakan istilah dalam Bahasa Jawa yang berarti mata air. Nah, Sobat Turisian jika ingin melihat langsung sekaligus merasakan kesegaran mata air alami ini, pergilah ke Klaten, Jawa Tengah. Di kota ini banyak sekali tempat wisata umbul, salah satunya Umbul Pelem Klaten.

Sama seperti umbul-umbul yang lain di Klaten, Umbul Pelem mempunyai mata air alami yang jernih menyegarkan. Lokasinya berada di Desa Wunut, Kecamatan Tulung. Tak jauh dari Umbul Ponggok yang juga menjadi destinasi wisata pemandian. Kedua umbul tersebut berjarak sekitar 4,5 km.

Keberadaan umbul yang satu ini sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun lalu, Sobat Turisian! Namun kini menjadi tempat wisata Klaten makin menarik. Setelah dilakukan renovasi besar-besaran sekitar tahun 2017 dan buka kembali pada Mei 2018.

Mengutip dari laman visitjawatengah, Hardono, salah seorang karyawan BUMDes pengelola umbul ini mengatakan, dulunya hanya berupa kolam kecil. Masih berupa sawah sayur cenil atau selada air milik warga sekitar.

Kini Umbul Pelem telah berubah menjadi lebih lengkap dengan sebuah kolam renang yang cukup besar. Dengan lebar sekira 20 meter dan kedalaman 1,5 hingga 2 meter. Kolam ini dapat menampung ratusan pengunjung. Bagi yang membawa anak-anak, bisa mengajaknya berenang di kolam anak-anak dengan kedalaman 50 cm.

Sensasi Berenang di Umbul Pelem

Jadi saat ke sini, Sobat Turisian wajib berenang untuk merasakan kesegaran air alami ini. Jangan lupa bawa pakaian berenang, ya!

Jamin, berenang di tempat wisata Klaten ini sangat menyegarkan karena airnya bersumber langsung dari mata air alami dan tanpa kaporit. Sobat Turisian juga tak akan perih mata, meskipun berenang cukup lama.

Sedikit saran, jika ingin berenang dengan air yang masih segar, cobalah datang sepagi mungkin. Kecuali bila ingin menikmati suasana yang teduh dan lebih santai, bisa datang pada sore hari.

Baca juga: Segarnya Berenang di Umbul Siblarak Klaten, Kolam Air Alami di Tengah Persawahan

Meski telah banyak renovasi, kolam kecil yang menjadi cikal bakal Umbul Pelem masih ada dan tetap dipertahankan. Kolam kecil itulah yang menjadi sumber air kolam renang. Sehingga keberadaannya sangat dijaga dan tak boleh dijamah pengunjung. Tujuannya agar kebersihan airnya tetap terjaga.

Keunikan Umbul Pelem

Mata air di umbul ini sangat unik dan istimewa karena airnya tak pernah surut dan terus mengalir, meski di musim kemarau sekali pun. Setiap sore hingga malam, air di kolam renang ini juga selalu dikuras. Jadi airnya terus berganti dan bersih.

Kolam renang ini juga yang menjadi pembeda Umbul Pelem dengan umbul yang lain. Dan menjadi daya tarik utama objek wisata Klaten tersebut.

Selain dua kolam renang, fasilitas lain pun tersedia di sana. Mulai dari musala, ruang ganti, toilet, gazebo, warung makanan, penyewaan ban renang, hingga tempat parkir yang luas.

Hal istimewa lainnya, pengelola tetap mempertahankan keberadaan sawah sayur cenil sebagai ciri khas Umbul Pelem. Sobat Turisian juga bisa bermain sepuasnya di sawah sayur cenil tersebut. Karena masih alami, mudah menemukan ikan cethul alias ikan kecil-kecil yang biasa hidup di sungai.

Sejak buka kembali, kolam mata air alami ini menjadi satu destinasi wisata andalan Kecamatan Tulung. Setiap hari, ratusan wisatawan datang untuk menikmati kesegaran air dan panorama sekitar. Mayoritas wisatawan lokal sekitar Klaten, Yogyakarta, Solo, Boyolali, dan daerah lainnya.

Rute & Lokasi Umbul Pelem

Lokasi  destinasi wisata Klaten ini terletak di sisi jalan utama Desa Janti-Wunut. Untuk menuju ke sana, Sobat Turisian bisa arahkan kendaraan menuju pertigaan Pasar Tegalgondo yang berada di Jalan Raya Solo-Yogyakarta.

Rute tersebut, bisa diakses Sobat Turisian yang datang dari arah Solo atau Yogyakarta. Jika start dari arah Solo, pertigaan Pasar Tegalgondo berada di sebelah kanan. Sekitar 550 meter setelah Tugu Selamat Datang di Kabupaten Klaten.

Baca juga: Tiga Eks Pabrik Gula Disulap jadi Tempat Wisata Kekinian di Solo Raya

Setibanya di pertigaan Pasar Tegalgondo, Sobat Turisian bisa lanjutkan perjalanan menuju arah barat. Ikuti jalan Tegalgondo-Janti hingga sejauh 6,5 km menuju Umbul Pelem. Dari pertigaan Janti, tak lama ada Tugu Selamat Datang di Desa Wunut, artinya tujuan perjalanan tinggal selangkah lagi. Umbul tersebut berada di sebelah kiri jalan, setelah Umbul Manten.

Tempat wisata air ini buka setiap hari, mulai pukul 06.00 – 17.00 WIB. Tiket masuknya seharga Rp.5 ribu. Tarif parkir motor Rp.3 ribu dan mobil Rp 5.ribu.*

 

 

Pos terkait