Yuk Piknik ke Objek Wisata Bendungan Selorejo Malang!

Bendungan Selorejo
Bendungan Selorejo di Kabupaten Malang, Jawa Timur. (iStock)

TURISIAN.com – Objek wisata Bendungan Selorejo merupakan salah satu objek wisata favorit di Kabupaten Malang. Tempat ini menyajikan pemandangan alam yang indah dengan berbagai aktivitas wisata yang menarik untuk Sobat Turisian coba.

Kawasan milik Perum Jasa Tirta I tersebut pembangunannya mulai pada tahun 1970. Danau buatan tersebut berhasil membendung aliran Kali Konto, Lahar Kletak, Kali Kwayangan, dan beberapa sungai kecil yang ada di sana.

Di destinasi wisata Bendungan Selorejo, Sobat Turisian bisa menikmati keindahan danau buatan yang terbentuk akibat pembangunan bendungan. Sekeliling danau ini menyajikan pemandangan yang indah dengan latar pegunungan yang menjulang tinggi.

Tempat wisata di Kabupaten Malang yang satu ini juga terkenal sebagai objek tempat pariwisata pemancingan yang cukup ramai di kalangan pemancing lokal. Termasuk daerah yang masih cukup berhasil menjaga kondisi airnya yang terbebas dari limbah air. Sehingga masih banyak ikan hidup di sini.

Bendungan Selorejo juga menawarkan banyak wahana wisata air. Di antaranya perahu dayung, jetski, dan banana boat. Sobat Turisian juga dapat melakukan olahraga air lainnya, seperti wakeboarding dan ski air.

Daya Tarik Lain

Aktivitas berburu foto-foto cantik di sekitar bendungan, wajib Sobat Turisian lakukan. Karena di sini terdapat banyak spot foto yang instagrammable dan menarik buat menambah koleksi foto di medsos. Bergeser ke sore hari, kalian pun dapat menikmati keindahan senja di tempat ini yang sangat memukau.

Baca juga: Mengenal Candi Sumberawan di Kabupaten Malang yang Berbentuk Stupa

Kalau mau bermalam di sini, Sobat Turisian bisa mendirikan tenda untuk berkemah. Kalian bisa pilih spot di area camping yang terletak di sekitar bendungan. Di situ sudah tersedia beberapa fasilitas, seperti toilet, musala, tempat parkir, dan kantin.

Untuk urusan kuliner tak usah khawatir, sebab di kawasan Bendungan Selorejo terdapat banyak warung makan dan kafe. Mereka menyajikan berbagai kuliner khas Malang seperti bakso Malang, nasi pecel, dan jajan pasar yang wajib Sobat Turisian cicipi.

Tak hanya itu, taman wisata ini juga sudah mempunyai sarana dan fasilitas yang mendukung kegiatan wisatawan. Tersedia fasilitas lapangan golf, lapangan tenis, tempat perkemahan, penginapan, restoran, area pemancingan, persewaan perahu, serta permainan ski air dan area parkir yang cukup luas.

Lokasi & Rute Menuju Bendungan Selorejo

Objek wisata bendungan tersebut berlokasi di Desa Selorejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Berjarak sekitar 43 km arah barat dari pusat Kabupaten Malang.

Sobat Turisian bisa mengambil rute dari Kota Malang untuk menuju Taman Wisata Bendungan Selorejo. Kalian dapat melewati jalur Kabupaten Malang – Batu – Selorejo dengan jarak sekira 60 km, dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Baca juga: Coban Glotak, Hidden Gem Wisata Air Terjun Kabupaten Malang

Sementara jika berangkat dari Kota Surabaya, Sobat Turisian bisa mengambil jalur Surabaya – Krian – Mojo Agung – Ngoro – Ngantang – Pujon – Selorejo. Dalam perjalanan ke sini, Sobat Turisian harus berkendara secara santai dan tetap berhati-hati ya!*

 

Pos terkait