Terpikat Keindahan Air Terjun Langkuik Tinggi di Kabupaten Agam

Air Terjun Langkuik Tinggi
Air Terjun Langkuik Tinggi Kab. Agam, Sumbar. (Source: Disparpora Kab. Agam)

TURISIAN.com – Para pecinta pesona keindahan alam, berarti harus berkunjung ke Kabupaten Agam di Sumatera Barat. Di sana banyak destinasi wisata alam yang menyajikan panorama alam yang memesona. Seperti salah satunya wisata Air Terjun Langkuik Tinggi.

Air terjun yang satu ini sangat indah dengan tinggi mencapai kurang lebih 120 meter. Aliran airnya kemudian jatuh ke sebuah kolam di bawahnya. Sehingga Sobat Turisian bisa merasakan kesegarannya.

Begitu tiba di Air Terjun Langkuik Tinggi tersebut, Sobat Turisian bakal terpikat dengan pesonanya. Di sini kalian pun bisa  bersantai sembari menikmati keindahan pemandangan sekitar yang memanjakan mata.

Suasana di kawasan air terjun di Kabupaten Agam yang satu ini cukup asri, hijau, dan masih alami. Sehingga Sobat Turisian jamin bakal nyaman dan betah berada di sini. Sangat cocok pula untuk kalian yang butuh tempat healing atau sekadar melepas rasa jenuh dan penat.

Namun untuk mencapai Air Terjun Langkuik Tinggi tersebut, Sobat Turisian mesti berjuang sedikit karena harus melewati jalur trekking yang menantang dan menarik. Hal ini oun bakal memberikan pengalaman petualangan yang seru dan menguji keberanian serta kebugaran fisik.

Baca juga: Terpukau Pesona Air Terjun Gadih Ranti Kabupaten Agam

Jika tertarik bermalam di sini, Sobat Turisian bisa lakukan kegiatan berkemah. Terdapat area berkemah di dekat air terjun ini. Dengan begitu kalian bisa merasakan sensasi malam hari di sana dan enikmati keindahan alam sekitar lebih lama.

Sobat Turisian yang enggan camping, bisa memilih penginapan berupa homestay milik warga setempat di dekat air terjun. Hal ini pun mengajak wisatawan untuk merasakan budaya lokal Minangkabau dan keramahan penduduk setempat.

Saran Berkunjung  ke Air Terjun Langkuik Tinggi

Penting untuk Sobat Turisian perhaatikan, bahwa pengunjung harus menghormati lingkungan dan berhati-hati agar tidak merusak alam sekitar. Selain itu, wajib mengikuti pedoman keselamatan dan berhati-hati saat berenang atau menjelajahi area air terjun.

Sebelum berkunung ke Air Terjun Langkuik Tinggi harus menyiapkan fisik yang prima dan membawa alas kaki yang kokoh, serta perbekalan makanan dan minuman. Karena kalian mesti melakukan trekking melalui jalur menantang berupa jalan setapak di hutan. Dengan durasi perjalanan kurang lebih 1,5 jam.

Lokasi & Akses ke Air Terjun

Objek wisata air terjun yang satu ini berlokasi di Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat. Tepatnya berada di Nagari Guguak Tabek Sarojo, Kecamatan Matur, sekitar 30 km dari Kota Bukittinggi.

Baca juga: Ngalau Nan Panjang, Wisata Gua di Kabupaten Agam yang Menakjubkan

Untuk menuju ke Air Terjun Langkuik Tinggi, Sobat Turisian akan melakukan perjalanan sekitar 1,5 jam dengan mobil atau motor dari Kota Bukittinggi. Kemudian melakukan trekking melalui jalur yang menantang sejauh sekitar 3 km dari area parkir.*

 

Pos terkait