Terpukau Pesona Air Terjun Gadih Ranti Kabupaten Agam

Air Terjun Gadih Ranti
Air Terjun Gadih Ranti Kab. Agam, Sumbar. (Source: Disparpora Kab. Agam)

TURISIAN.comKabupaten Agam di Sumatera Barat menyimpan banyak destinasi wisata alam yang memesona dan bakal membuat Sobat Turisian terpukau. Seperti Air Terjun Gadih Ranti yang memiliki tinggi mencapai 50 meter.

Uniknya, air terjun ini membelah permukaan air di bawahnya dan membuat buih-buih kecil di sekitarnya. Selain itu, kawasan ini memiliki tingkatan berbeda dan air terjun beragam. Ada juga beberapa air terjun kecil yang mengapitnya.

Meski nama Air Terjun Gadih Ranti belum begitu populer. Namun jika Sobat Turisian sudah pernah datang ke sini, mungkin kalian akan rindu untuk datang kembali lagi.

Suasananya pun bikin nyaman karena sekitar air terjun banyak tanaman hijau yang menambah keasrian dan udaranya menyegarkan. Aliran air di kawasan ini tidak begitu deras sehingga Sobat Turisian dapat bermain air dengan cukup aman.

Baca juga: Ngalau Nan Panjang, Wisata Gua di Kabupaten Agam yang Menakjubkan

Bukan cuman itu, terdapat pula kolam pemandian yang terletak di atas air terjun yang menambah daya tarik kawasan ini. Sebelum tiba di lokasi juga, Sobat Turisian sudah dapat suguhan pemandangan alam dari perbukitan dan udara yang segar sepanjang perjalanan.

Asal-usul Nama Gadih Ranti

Di tempat wisata Kabupaten Agam yang satu ini terdapat sebuah kolam bernama Pemandian Gadih Ranti. Nama tempat ini menurut cerita masyarakat setempat, berawal dari kisah seorang gadis.

Dahulu di kawasan ini terdapat seorang gadis yang bernama Gadih Ranti yang memiliki paras menawan dan memiliki rambut yang panjang. Ia pun selalu mandi di kolam pemandian dekat Air Terjun Gadih Ranti tersebut.

Gadih Ranti juga pernah memerintah di sekitar daerah tersebut. Selama masa pemerintahannya, ia begitu banyak membangun monumen dan fasilitas masyarakat, seperti istana, masjid, dan juga berbagai prasasti. Legenda tersebut akhirnya menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung objek wisata ini.

Lokasi & Akses ke Air Terjun Gadih Ranti

Air yang satu ini terletak di Nagari Tanjung Sari, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Untuk menuju ke tempat ini, Sobat Turisian bisa menempuhnya melalui perbatasan Jorong Dama Gudang dan Jorong Arikia.

Baca juga: Wisata Religi ke Masjid Raya Bingkudu Kabupaten Agam yang Dibangun 1823

Lokasi Air Terjun Gadih Ranti berada tak jauh dari Danau Maninjau yang sudah tersohor itu. Berjarak sekira 1,6 km dari Jalan Raya Lubuk Basung-Maninjau dan berdekatan dengan bendungan irigasi Batang Antokan. Lalu sepanjang 600 meter menuju lokasi masih berupa jalan setapak.*

 

Pos terkait