Yuk Ajak Keluarga Piknik ke Pemandian Ken Dedes yang Menyenangkan!

Pemandian Ken Dedes
Pemandian Ken Dedes Kabupaten Malang, Jatim. (Source: Pemkab Malang)

TURISIAN.com – Liburan akhir tahun akan segera tiba, kalau Sobat Turisian belum dapat tempat buat piknik keluarga, bisa coba ke Kabupaten Malang. Di sana banyak sekali objek wisata yang menarik bakal bikin kelurga senang. Salah satunya, kalian bisa memilih Pemandian Ken Dedes dengan kolam air panas sebagai daya tarik utamanya.

Pemandian ini merupakan salah satu tempat wisata menarik yang terletak di Jalan Kendedes, Kelurahan Candirenggo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Berjarak hanya sekitar satu kilometer dari Candi Singosari.

Konon menurut cerita atau legenda, destinasi wisata ini adalah tempat bertemunya Ken Dedes dan Ken Arok. Banyak masyarakat percaya pemandian ini menjdai tempat mandi dari Putri Ken Dedes yang terkenal akan kecantikannya. Hal ini menimbulkan kepercayaan di masyarakat bahwa dengan mandi di sini maka akan membuat awet muda.

Di Pemandian Ken Dedes, Sobat Turisian bisa dengan bebas berendam menikmati air yang jernih dan hangat. Sembari menyaksikan pemandangan alam nan indah di sekelilingnya. Tersedia pula beberapa fasilitas untuk anak-anak, seperti kereta mini, ayunan dan juga jungkat-jungkit.

Baca juga: Coban Glotak, Hidden Gem Wisata Air Terjun Kabupaten Malang

Bukan hanya itu, di salah satu sisi pemandian yang satu ini terdapat sebuah bukit kecil dengan deretan pepohonan rindang. Sehingga membuat nyaman dan piknik keluarga kian menyenangkan. Di situ juga kalian dapat membawa bekal sendiri dari rumah serta alas untuk duduk, kemudian makan bersama keluarag di tempat ini.

Fasilitas Penunjang & Spot Foto

Berbagai fasilitas penunjang wisata di Pemandian Ken Dedes pun sudah memadai. Di antaranya musala, toilet umum, persewaan ban dan baju renang, kantin, area parkir, gazebo, dan lainnya. Jadi bagi Sobat Turisian yang tak mau berenang, bisa santai-santai di gazebo.

Selanjutnya buat Sobat Turisian yang sangat menyukai seni fotografi, bisa membawa kamera saat berkunjung ke sini. Cocok pula untuk penggemar wisata selfie, karena banyak spot foto yang ciamik dan instagenic tentunya.

Akses Menuju Pemandian Ken Dedes

Untuk menjangkau wisata pemandian ini, Sobat Turisian bisa mengikuti rute menuju Candi Singosari. Dari Kota Malang, arahkan kendaraan menuju Jalan Malang-Surabaya hingga menemukan Pasar Singosari atau Candi Singosari.

Dari lokasi candi, Pemandian Ken Dedes berada di sebelah barat sekitar 1 km. Sobat Turisian juga dapat naik mikrolet berkode SKL jurusan Singosari-Ketangi-Landungsari dari Terminal Malang. Lalu turun di depan Pasar Singosari.

Baca juga: Uji Adrenalinmu dan Rasakan Keseruan di Kasembon Rafting Malang!

Kalau Sobat Turisian dari Terminal Arjosari, Sobat Turisian bisa memilih naik angkutan kota jurusan Glugur-Langlang-Arjosari (GLA ) atau jurusan Lawang-Arjosari (LA). Dari sini, bisa berjalan kaki atau naik ojek hingga di petirtaan tersebut.

Pemandian Ken Dedes buka setiap hari, dari mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Untuk harga tiket masuknya juga cukup terjangkau.*

Pos terkait