Robot Bella Siap Layani Traveler di Bandara Soekarno-Hatta & Kualanamu

Robot Bella
Robot Bella AP II sedang berinteraksi dengan seorang anak kecil di bandara.

TURISIAN.com – Di periode angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023, PT Angkasa Pura II  (AP II) memperkenalkan Robot Pelayan Bella kepada traveler. Lokasinya di Bandara Soekarno-Hatta (Banten) dan Bandara Kualanamu (Deli Serdang).

Robot pelayan tersebut akan berinteraksi langsung dengan para traveler. Bertugas melayani traveler sepanjang periode peak season angkutan Nataru pada 19 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023.

Di Bandara Soekarno-Hatta sendiri, Robot Bella bertugas secara bergantian di boarding lounge Terminal 3 (domestik dan internasional) serta Terminal 2 dan Terminal 1. Untuk berkeliling menyapa traveler, serta membagikan secara gratis makanan ringan, minuman, dan hand sanitizer.

Begitu pun di Bandara Kualanamu, tugas Bella sama, yakni menyapa traveler dan membagikan makanan dan minuman ringan serta hand sanitizer kepada traveler. Spotnya di boarding lounge keberangkatan domestik dan internasional.

President Director AP II Muhammad Awaluddin menyampaikan, kehadiran  Bella di tengah traveler merupakan salah satu upaya perseroan. Untuk secara berkelanjutan menghadirkan pelayanan berbasis teknologi dan berkelas dunia.

Baca juga: Sambut Libur Nataru, AP II Luncurkan Tourism Activity Center di Dua Bandara

“Ada 2 unit robot Bella yang dihadirkan di tengah periode angkutan Natal dan Tahun Baru. Satu unit diperkenalkan di Bandara Soekarno-Hatta, dan satu unit lainnya ada di Bandara Kualanamu. Kehadiran Bella ini menjadi satu langkah maju bagi AP II dalam mengimplementasikan teknologi robot dalam melayani traveler,” jelasnya.

“Robot Bella kami harapkan juga dapat menghibur traveler di tengah peak season libur Natal dan Tahun Baru. Kehadiran Bella merupakan layanan khusus selama periode angkutan Nataru untuk menciptakan customer experiences yang baik. Serta sekaligus sebagai apresiasi dari AP II terhadap traveler,” lanjut Awaluddin.

Masih menurutnya, robot tersebut menjadi bagian dari evolusi layanan yang tengah AP II canangkan. Terutama di Bandara Soekarno-Hatta dan bandara-bandara perseroan lainnya. Adapun operasional Bella berada di bawah monitor PT Angkasa Pura Solusi (APS) yang merupakan anak usaha dari AP II.

Operasional Robot Bella

Sementara itu, Direktur Utama APS Dorma Manalu menuturkan robot ini dapat beroperasi maksimal 6 hingga 8 jam per hari.

“Robot Bella dapat bergerak secara mandiri atau autonomous (otonom) dalam berkeliling menyapa traveler. Bella dilengkapi dengan sensor dan kamera 360 derajat untuk berinteraksi langsung dengan pelanggan,” tutur Dorma.

Baca juga: Keren, Toilet Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Raih Peringkat Bintang 4 Gold

Kehadiran Robot Bella ini melengkapi jajaran robot yang telah beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta. Seperti robot pembersih lantai (robotic scrubber drier), baggage towing tractor, Robot DiLo. Serta transportasi publik yang juga dapat beroperasi secara otonom, yakni Skytrain guna menghubungkan setiap terminal di bandara.*

 

 

Sumber & Foto: Angkasa Pura II

Pos terkait