Keren, Toilet Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Raih Peringkat Bintang 4 Gold

Toilet Bandara
Toilet di Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

TURISIAN.com – PT Angkasa Pura II (AP II) selaku pengelola 20 bandara di Indonesia secara berkelanjutan meningkatkan pelayanan kepada para traveler, termasuk terkait fasilitas sanitasi. Hasilnya, toilet Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) terpilih sebagai Toilet Bintang 4 Gold.

Hal ini berawal pada periode Juli – September 2022, AP II bersama Asosiasi Toilet Indonesia (ATI) melakukan audit terhadap fasilitas toilet di bandara AP II. Sebagai upaya untuk selalu meningkatkan standar layanan dan fasilitas toilet serta menjaga aspek kesehatan.

Asosiasi Toilet Indonesia (ATI) sendiri merupakan lembaga non-pemerintah dan non-profit yang memiliki tujuan untuk memberikan transformasi dan edukasi tentang toilet Indonesia yang bersih dan sehat.

Menurut Director of Commercial & Services AP II M. Rizal Pahlevi, audit oleh lembaga independen secara objektif membantu AP II mengukur keandalan fasilitas umum di bandara.

“Lembaga independen yang berkompeten dapat menilai fasilitas umum di bandara. Dan hasil audit menjadi dasar bagi AP II melakukan evaluasi untuk secara berkelanjutan meningkatan pelayanan kepada traveler,” ujarnya dikutip dari laman AP II.

Baca juga: Hotel Bertaraf Internasional Segera Berdiri Dekat Bandara Soekarno-Hatta

“Audit toilet oleh ATI dilakukan terhadap 5 aspek, yaitu desain & EMS (environment, management system), cleanliness, amenities & facility, safety/cleaning services, dan user appreciation. Hasil audit sangat berharga bagi kami untuk selalu menjaga dan meningkatkan standar layanan di setiap aspek,” tambah Rizal.

Hasil Audit Tilet Bandara AP II

Berdasarkan audit tersebut, toilet Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) mendapat penilaian yang paling tinggi yakni Bintang 4 Gold. Rating penilaian ini mencerminkan fasilitas pada semua area toilet, nursery, dan janitor sudah lengkap dan berfungsi baik.

Kemudian perlengkapan (amenities) bagi pengguna sesuai standar, kebersihan yang baik pada semua area, petugas sesuai grooming, dan memahami tugas serta penggunaan alat. Toilet juga memiliki estetika desain yang baik, memiliki fasilitas ramah lingkungan, dan pengguna menyampaikan kepuasan tinggi dalam menggunakan toilet.

“Hasil audit oleh ATI menunjukkan toilet di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) menjadi toilet terbaik dengan predikat Bintang 4 Gold. Hasil audit di bandara-bandara lain rata-rata mendapat Bintang 3 Gold dan Bintang 4 Silver. Toilet di Terminal 3 akan menajdi rujukan bagi bandara-bandara lain untuk peningkatan layanan sehingga dapat memberikan yang terbaik dalam hal fasilitas sanitasi bagi traveler,” papar Rizal.

Toilet Bandara Peraih Peringkat Gold

Sementara toilet bandara yang mendapat penilaian Bintang 3 Gold, antara lain Bandara Minangkabau (Padang), Supadio (Pontianak), Husein Sastranegara (Bandung). Lalu Bandara Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Sultah Mahmud Badaruddin (Palembang), Raja Haji Fisabilillah (Tanjung Pinang). Serta Sultan Iskandar Muda (Aceh), Sisingamangaraja XII (Silangit), Depati Amir (Pangkalpinang), dan Tjilik Riwut (Palangkaraya).

Untuk jumlah toilet di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) total sebanyak 132 unit yang ada di area domestik dan internasional. Terdiri dari 66 unit toilet pria dan 66 unit toilet wanita.

Baca juga: Penerbangan Umrah di Bandara Kertajati Majalengka Kembali Dibuka

Terkait hal ini, EGM Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) Dwi Ananda Wicaksana menuturkan, predikat Bintang 4 Gold untuk toilet di Terminal 3 sekaligus menjadi apresiasi bagi para petugas.

“Peran petugas toilet sangat besar dalam menjaga kebersihan, higienitas, dan kenyamanan toilet. Kami berterima kasih kepada para petugas yang telah menjalankan tugasnya dengan baik sehingga toilet di Terminal 3 meraih nilai tertinggi,” ujar Dwi.

“Kami juga berterima kasih kepada para traveler yang turut menjaga kebersihan dan kenyamanan toilet. Ke depannya akan mendorong agar toilet di seluruh terminal dapat meraih predikat Bintang 4 Gold,” tambahnya.

Ketua Asosiasi Toilet Indonesia (ATI) Naning Adiwoso dalam laporannya menyampaikan, kondisi toilet di bandara-bandara AP II secara keseluruhan cukup baik. Kemudian petugas memahami tugas-tugasnya.

“Toilet merupakan salah satu area penting yang harus diperhatikan dalam hal kebersihan. Terutama di era pasca pandemik, maka konsisten dalam hal membersihkan toilet harus dipertahankan serta perlu mendapat dukungan dengan tersedianya peralatan-perakatan untuk membersihkan yang sesuai peruntukkannya. Dan menggunakan bahan-bahan pembersih yang ramah lingkungan,” ucap Naning.

Bandara Sehat 2022

Audit toilet terbaik di atas juga merupakan suatu upaya AP II dalam menjaga aspek kesehatan di bandara. Hasilnya, upaya tersebut pun mendapat apresiasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang memberikan penghargaan Bandara Sehat 2022.

Baca juga: Kemenhub Luncurkan Terbang Hemat, Berikut 13 Bandara Bebaskan Bea Pelayanan

Pemberian penghargaan tersebut untuk 4 bandara AP II. Di antaranya Bandara Soekarno-Hatta (Banten), Husein Sastranegara (Bandung), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), dan Sultan Thaha (Jambi).

Keberhasilan meraih penghargaan ini memacu AP II untuk meningkatkan standar pelayanan khususnya terkait aspek kesehatan. Sehingga dapat turut menjaga kepercayaan terhadap transportasi udara di tengah pandemi.*

 

 

Sumber & Foto: angkasapura2.co.id

Pos terkait