Pemda DI Yogyakarta Luncurkan Calendar of Events (CoE) 2023 DIY

CoE 2023 DIY

TURISIAN.com – Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui Dinas Pariwisata DIY meluncurkan Calendar of Events (COE) 2023 DIY. Peresmian kalender event tersebut oleh Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X dalam agenda Jogja Upcoming.

Acara bertempat di Gerbang Barat Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Sabtu, 17 Desember 2022 lalu. Turut hadir pada agenda tersebut Kepala Dinas Pariwisata DIY Singgih Raharjo dan Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah DIY GKR Bendara.

Dalam sambutannya, Sri Paduka KGPAA Paku Alam X menyampaikan, adanya pandemi Covid-19 menyebabkan Pemda DIY perlu mengakselerasi sektor pariwisata. Salah satunya dengan pengembangan digital ecosystem tourism sebagai adaptasi, inovasi, dan kolaborasi dalam menjawab kebutuhan pasca pandemi.

“Dengan dilaunchingnya COE 2023 DIY ini tentunya akan memberikan ruang bagi para pegiat acara dan festival dalam mempromosikan keragaman acara. Memperlihatkan inovasi terbaru, membuat jaringan profesional, hingga menjaga ekosistem seni, budaya, dan kreatif untuk tetap berkelanjutan,” paparnya.

Sri Paduka juga berpesan, agenda malam hari itu dapat menciptakan ekosistem yang kolaboratif untuk menguatkan Yogyakarta dalam kancah acara dan festival dunia.

Baca juga: Edukasi Budaya Sambil Rekreasi di Museum Kotagede Yogyakarta

“Juga semakin memperkuat positioning Yogyakarta yang dipercaya sebagai tuan rumah ASEAN Tourism Forum pada 2-5 Februari 2023,” ujarnya.

Jumlah Event dalam CoE 2023 DIY

Sementara itu, Singgih Raharjo menuturkan bahwa Jogja Upcoming Festival bisa menjadi alarm perencanaan masyarakat maupun wisatawan yang ingin mengunjungi DI Yogyakarta.

“Dengan perencanaan yang matang ini juga, selain lebih hemat, kemungkinan tinggal di Yogyakarta juga bisa lebih lama,” ungkapnya.

Singgih juga mengatakan, agenda ini merupakan transformasi peluncuran COE 2023 DIY sebagai sosialisasi kepada wisatawan. Untuk mengetahui lebih awal acara apa saja yang akan berlangsung di DIY. Sehingga para wisatawan bisa menyiapkan diri sebelum berkunjung ke Yogyakarta.

Baca juga: ASEAN Tourism Forum 2023 Percepat Kebangkitan Wisman ke Yogyakarta

Adapun dalam Calendar Of Event (CoE) 2023 DIY, meliputi sebanyak 182 event dengan 19 event unggulan. Terbagi menjadi sejumlah kategori yang terdiri atas festival 61 event, seni budaya 50 event, MICE 18 event, sport tourism 17 event, turnamen 14 event, musik 17 event, dan karnaval ada 5 event.*

 

 

Sumber: jogjaprov.go.id

Pos terkait