ASEAN Tourism Forum 2023 Percepat Kebangkitan Wisman ke Yogyakarta

ASEAN Tourism Forum 2023
Abdi dalem Keraton Yogyakarta mengenakan pakaian khas dengan keris di belakang ikat pinggang. Foto: Turisian.com/iStock

TURISIAN.com – Event ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 diharapkan bisa mempercepat kebangkitan wisatawan mancanegara (Wisman) ke Yogyakarta.

Untuk itu, pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta mempersiapkan perhelatan ini dengan sangat serius.

Termasuk, saat menyambut tamu dari berbagai daerah di Indonesia yang akan ikut dalam event tersebut

“Pada prinsipnya 100% dukungan dan kesiapan masyarakat Yogyakarta kami curahkan sepenuh hati dan tenaga untuk mensukseskan perhelatan akbar ini,” kata Gusti Kanjeng Ratu (GRK) Bendara, Ketua Pelaksana Tourism Forum 2023 seperti dikutip Turisian.com dari krjogja.com, Kamis 8 Desember 2022.

BACA JUGA: Kota Yogyakarta Tancap Gas untuk Penilaian ADWI 2023, Ini 5 Desa Wisata Terbaik

Menurut GKR Bendara, pihaknya mengajak seluruh pemangku kepentingan destinasi pariwisata Indonesia untuk memanfaatkan momen penting ATF 2023. Caranya, dengan turut berpartisipasi dan mendukung penyelenggaraan ATF 2023,” tuturnya.

Bendara pun telah menggelar rapat Koordinasi antar anggota Steering Committee (SC) dan Organizing Committee (OC), pada Selasa 6 Desember 2022.

Rapat tersebut yang berlangsung di Hotel Alana Yogyakarta itu untuk membahas  kegiatan ATF 2023 dengan jajaran Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta.

BACA JUGA: Wisata Fenomenal di Yogyakarta Ini Masih Favorit Wisatawan, Ini Rutenya

Yogyakarta sendiri menyatakan telah siap menggelar perhelatan akbar ATF yang akan dihelat pada tanggal 2-5 Februari tahun 2023.

Menurut GRK Bendara—yang juga Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah DIY ini, perhelatan ATF 2022 menjadi momen strategis dan penting.

GKR Bendara menjelaskan salah satu agenda utama dalam ATF 2023 adalah TRAVEX, trade-only mart yang menampilkan kontingen produk dan layanan tujuan wisata dan perjalanan ASEAN terbesar di dunia.

BACA JUGA: Dispar DI Yogyakarta Sambut Baik Kunjungan Tim Turisian

Termasuk memfasilitasi penjualan, pembelian, dan promosi kawasan secara internasional.

“Pemerintah Yogyakarta berharap agar pihak industri pariwisata dan Pemerintah Daerah seluruh indonesia dapat memanfaatkan pertemuan strategis ini. Dan dapat berpartisipasi di pertemuan B2C dan B2B,” tandas GKR Bendara.

Royal Dinner Peserta ATF

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Yogyakarta, Singgih Raharjo menjelaskan bahwa Yogyakarta begitu bersiap menjadi Tuan Rumah dan penyelenggara ASEAN Tourism Forum 2023 pada 2-5 Februari 2023 mendatang.

Berbagai persiapan saat ini dilakukan untuk memastikan penyelenggaraan terbaik event ini pada waktunya nanti.

Sebagai bentuk dukungan utama untuk ATF 2023, Pemerintah DIY  siap menghelat Royal Dinner untuk seluruh delegasi peserta ATF 2023.

BACA JUGA: Bubur Kalkun Burjon, Menu Sarapan Sehat dan Enak di Yogyakarta

Serta ajang Indonesia Culinary Festival & Creative Economy Industries Exhibition yang memberikan kesempatan bagi komunitas UMKM untuk berpartisipasi. Warga Yogyakarta dan sekitarnya diundang untuk turut meramaikan ajang ini.

Singgih menambahkan Yogyakarta memiliki kelengkapan sarana dan infrastruktur untuk penyelenggaraan ATF 2023 sesuai dengan kriteria ASEAN MICE Venue Standard.

Yaitu: Venue MICE Internasional: Jogja Expo Center dengan total luas ruangan lebih dari: ±10.000 m², Yogyakarta Internasional Airport.

Tersedia juga penerbangan langsung dari negara ASEAN (Singapura dan Malaysia) serta akomodasi tersedia±168 jumlah hotel bintang, dengan total ±16.293 jumlah kamar tersedia. ***

Pos terkait