6 Rekomendasi Tempat Wisata Dekat Stasiun Kereta yang Menarik Kalian Kunjungi!

tempat wisata dekat stasiun

TURISIAN.com – Berwisata ke berbagai kota kini semakin mudah dengan beragam pilihan moda transportasi. Salah satu yang menyenangkan Sobat Turisian bisa pilih kereta api. Selain berkunjung ke objek wisata di kota tujuan, kalian juga bisa mampir di tempat wisata dekat stasiun kereta api.

Ada banyak kota yang memiliki tempat-tempat wisata di spot pemberhentian kereta api tersebut. Sebut saja Kota Jakarta, Purwakarta, Cilacap, Banyuwangi, Malang, Binjai, dan lainnya.

Enaknya lagi sejumlah tempat wisata dekat stasiun kereta tersebut, bisa Sobat Turisian jangkau hanya dengan berjalan kaki. Nah berikut ini ada 6 rekomendasi tempat wisata di sekitar stasiun kereta di sejumlah kota. Sangat asyik buat kalian kunjungi sendiri maupun bersama keluarga atau teman.

1. Galeri Nasional Indonesia, Jakarta

Bagi Sobat Turisian yang suka dunia seni, Galeri Nasional Indonesia di Jakarta menarik untuk kalian kunjungi. Tempat ini berada tepat di seberang Stasiun Gambir. Jadi Sobat Turisian dari luar kota tinggal naik kereta api jurusan Stasiun Gambir, lanjut dengan berjalan kaki.

Di tempat wisata dekat staiun yang satu ini menjadi sarana pameran seni dan kebudayaan, dari yang antik, kontemporer, sampai modern ada di sini. Tak hanya pameran, Sobat Turisian pun bisa menikmati seminar, fasilitas perpustakaan, dan laboratorium yang ada di dalamnya.

2. Kampoeng Maranggi Plered, Purwakarta

Berikutnya Sobat Turisian bisa berkunjung dan berjalan-jalan ke Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.  Salah satunya Kampung Maranggi Plered, tempat makan khusus yang menyediakan Sate Maranggi, sebagai makanan khas dari Purwakarta.

Baca juga: Ini Aturan Barang Bawaan Saat Naik Kereta Api! 

Tempat wisata kuliner yang berlokasi di alun-alun Kecamatan Plered ini, berada dekat dengan Stasiun Plered. Tepatnya di samping halaman stasiun. Sobat Turisian bisa mengaksesnya dengan naik kereta api Serayu, Garut Cibatuan, dan Bandung Raya Ekonomi.

3. Benteng Pendem Cilacap

Objek Benteng Pendem berlokasi di Dusun Kebonjati, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Benteng ini merupakan peninggalan Belanda di pesisir Pantai Teluk Penyu. Pembangunannya pada 1861 dan dulunya menjadi markas pertahanan tentara Hindia Belanda.

Di tempat wisata dekat Stasiun Cilacap ini, Sobat Turisian bisa melihat gudang senjata, benteng pengintai, benteng pertahanan, gudang mesiu, penjara, ruang perwira, hingga dapur. Jaraknya hanya sekitar 3 km dan bisa kalian tempuh kurang lebih 10 menit. Untuk ke sana bisa naik kereta api Kamandaka, Wijayakusuma, dan Joglosemarkerto menuju Stasiun Cilacap.

4. Kampung Warna-warni Jodipan Malang

Bergeser ke Malang ada tempat wisata dekat Stasiun Malang yaitu Kampung Warna-warni di Kelurahan Jodipan. Spot yang asyik dan cocok buat Sobat Turisian yang hobi berswafoto. Di sini terdapat ratusan rumah yang dengan cat warna-warni sehingga tampak Instagramable untuk latar foto.

Lokasinya berada di Jalan Ir. H. Juanda 6, Jodipan, Kota Malang, Jawa Timur. Jarak dari Stasiun Malang sekitar 1,5 kilometer. Sobat Turisian bisa berkendara selama sekitar 5 menit atau jalan kaki kurang lebih 17 menit untuk menjangkaunya.

5. Pantai Grand Watu Dodol Banyuwangi

Selanjutnya kalian Sobat Turisian naik kereta dan memutuskan turun di stasiun terakhir di Banyuwangi, yakni Stasiun Ketapang bisa coba mampir ke Pantai Grand Watu Dodol (GWD). Jarak dari stasiun ke Pantai GWD ini hanya kurang lebih 6,8 kilometer atau sekitar 11 menit.

Baca juga: Nih Aturan Berfoto di Stasiun Kereta Api yang Harus Kamu Taati!

Tempat wisata dekat stasiun yang satu ini menawarkan wisata snorkeling, diving, dan trip naik perahu ke Pulau Tabuhan. Bagi Sobat Turisian dari Semarang ingin menuju Stasiun Ketapang, bisa menggunakan kereta yang baru beroperasi pada momen libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Yaitu Blambangan Ekspres relasi Semarang Tawang – Ketapang (Banyuwangi) pp.

Di luar kereta api tersebut, masih tersedia banyak kereta api dari berbagai daerah yang bisa kalian gunakan menuju ke Stasiun Ketapang Banyuwangi.

6. Kampung Kuliner Binjai

Lompat ke Sumatera Utara, ada tempat wisata di Binjai dekat stasiun, namanya Kampung Kuliner. Destinasi wisata populer ini hanya berjarak sekitar 100 meter dari Stasiun Binjai. Di situ Sobat Turisian mencoba berbagai kuliner khas Binjai hingga hidangan khas Sumatera Utara lainnya.

Kampung Kuliner Binjai menawarkan konsep yang unik semacam foodcourt dengan pilihan spot indoor maupun outdoor. Paling asyik menyantap makanannya di luar ruangan (outdoor). Tersedia banyak tenda dengan kursi-kursi dengan konsep yang keren.

Kalau Sobat Turisian yang ingin tempat lebih privat bisa memilih makan di dalam ruangan (indoor) agar tidak terganggu dengan suasana keramaian. Pokoknya kalian akan puas dan nyaman berkunjung ke tempat wisata dekat Stasiun Binjai ini!*

Baca juga: Ayo Naik Kereta Api Wisata Biar Liburan Akhir Tahun Kalian Lebih Seru!

Itulah 6 rekomendasi tempat wisata dekat stasiun yang bisa Sobat Turisian coba kunjungi. Selain mudah aksesnya, tempat-tempatnya pun sangat asyik dan seru buat menambah pengalaman berlibur. Sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata sekitar stasiun di daerah lain, selain enam lokasi wisata tersebut.

 

 

Sumber & Foto: kai.id

Pos terkait