Ingin Liburan Naik Kereta Api? Agar Lebih Nyaman, Ikuti Tips Ini

Liburan Naik Kereta Api
Suasana stasiun kereta Surabaya, Jawa Timur. Foto: iStock

TURISIAN.com – Melakukan perjalanan jauh atau liburan naik kereta api memang menjadi pilihan tepat. Apalagi, saat tiket pesawat yang saat ini harganya membumbung tinggi.

Tentu, pertimbangan lain menggunakan kereta api karena lebih nyaman dan memiliki keluasaan bergerak, ketika kita merasa bosan duduk berjam-jam.

Itu pula sebabnya, tak sediki moda transportasi ini kemudian menjadi  pilihan traveler yang ingin pergi ke luar kota dengan nyaman.

Begitu pun, dengan kereta api, penumpang bisa terbebas dari kemacetan lalu lintas, jika dengan memakai bis antar kota atau antar propinsi.

BACA JUGA: Beli Tiket Kereta Api Lebih Gampang Pakai Aplikasi Ini

Apalagi, saat ini kereta api juga menawarkan kelas eksekutif yang memberikan kenyamanan lebih pada penumpangnya selama perjalanan.

Adapun tujuan favorit yang dipilih pelanggan saat memesan tiket kereta api adalah Jakarta, Bekasi, Bandung, Purwokerto, Surakarta, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Malang.

Bagi Anda yang tertarik jalan-jalan dengan menggunakan kereta api, simak beberapa hal penting yang harus diperhatikan aga perjalanan Anda menyenangkan dari Pegipegi berikut ini:

BACA JUGA: Inilah Tips Backpacker ke Danau Ranu Kumbolo di Gunung Semeru

Pemilihan jenis kelas

Pemilihan jenis kelas, menjadi penting karena semakin tinggi kelas yang Anda berikan, semakin banyak fasilitas dan kenyamanan yang Anda dapatkan. Ada beberapa jenis kelas kereta api sebagai berikut.

Ekonomi

Kelas Ekonomi paling banyak dipilih masyarakat untuk perjalanan jarak jauh. Selain karena harganya sangat terjangkau, kereta kelas ini juga menyediakan pemberhentian di stasiun-stasiun kota kecil.

Untuk sekali keberangkatan, kereta api kelas Ekonomi mampu memuat sampai 160 penumpang di setiap gerbong.

Setiap kursi bisa diisi 2–3 orang dengan posisi duduk berhadap-hadapan. Meskipun dari segi harga terbilang murah. Fasilitas kereta api kelas Ekonomi sudah memenuhi standar kenyamanan penumpang.

BACA JUGA: 7 Tips Menyimpan Daging agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Belakangan ini, PT Kereta Api Indonesia juga telah mengadakan gerbong ekonomi premium dengan format kursi 2-2 dan menghadap satu arah.

Adapun harga kelas Ekonomi per orang berada di rentang Rp30.000 sampai Rp340 ribuan, bergantung pada jarak dan sub-kelas yang dipilih.

Susunan kursi 2-2

Bisnis

Lebih nyaman dibandingkan kelas Ekonomi, kereta api kelas Bisnis menetapkan tarif sedikit lebih tinggi. Namun, masih relatif terjangkau. Setiap gerbong dapat diisi sampai 64 penumpang.

Beda dengan kelas Ekonomi, di sini tempat duduknya sudah bersekat. Susunan kursi 2-2 pada setiap baris di sisi kiri dan kanan.

Posisi kursi duduk juga bisa diubah sesuai keinginan penumpang –jika ingin berhadapan dengan kursi di depan atau belakangnya–.Ruang antar baris tempat duduk satu dan lainnya cenderung lebih lebar sehingga membuat penumpang lebih nyaman.

Harga kelas Bisnis dibanderol mulai dari Rp190 ribuan sampai Rp330 ribuan per orang.

BACA JUGA: KAI Siap Layani Wisatawan dengan Sarana Kereta Api Semaksimal Mungkin

Eksekutif

Kelas ini menawarkan tingkat kenyamanan terbaik. Dari segi durasi perjalanan pun lebih cepat dibandingkan kelas Ekonomi dan Bisnis.

Begitu masuk ke dalam gerbong penumpang, Anda akan melihat desain kursi dan kabinnya seperti di pesawat.

Untuk kapasitas penumpang, setiap gerbong pun hanya tersedia 50 kursi dengan susunan 2-2 di sisi kiri dan kanan.

Kursi penumpang dirancang lebih privat. Anda bisa mengatur sandaran kursinya agar duduk tetap nyaman selama di perjalanan.

BACA JUGA: Aturan Terbaru Transportasi Kereta Api Mudik Lebaran 2022, Seperti Apa?

Ada pula pijakan kaki dengan jarak yang cukup luas antara kursi di depannya.

Soal fasilitas, tentu sangat lengkap. Bukan hanya stopkontak dan AC di dalam gerbong. Disediakan juga bantal dan selimut untuk setiap penumpang.

Ini sangat dibutuhkan terutama bagi penumpang yang berangkat malam hari.

Adapun harga kelas Eksekutif per orang berada di rentang Rp145 ribuan sampai Rp650 ribuan, bergantung pada jarak dan sub-kelas yang dipilih.

Fasilitas TV di Setiap Kursi

Prioritas

Kereta Priority atau Prioritas ini baru diluncurkan PT Kereta Api Indonesia pada tahun 2017. Keunggulan pertama, terletak dari desain interior di setiap gerbong yang lebih mewah.

Kedua, kuota kursi setiap gerbong hanya untuk 28 penumpang dengan susunan tempat duduk masing-masing dua pada sisi kiri dan kanan.

Ketiga, semua gerbong dilengkapi AC, kabin penumpang yang tertutup. Ada, colokan listrik privat, serta bantal dan selimut.

Kemudian terakhir, adanya fasilitas TV di setiap kursi, seperti halnya di pesawat.

Adapun harga kelas Prioritas per orang mulai dari Rp200 ribuan sampai Rp1 juta, bergantung pada jarak tempuh.

BACA JUGA: 7 Tips Aman Berwisata di Sungai, Bagaimana Saat Turun Hujan?

Sleeper

Ini merupakan kelas kereta api terbaru di Indonesia dan menjadi tipe paling mewah dari kelas kereta api lainnya. Sleeper Train diluncurkan oleh PT KAI tahun 2018 lalu. Perbedaannya sudah sangat signifikan, baik dari harga, desain, kenyamanan, dan fasilitas yang disediakan.

Kalau kelas Prioritas memungkinkan penumpang untuk mengubah arah kursi, maka di kelas ini kursinya bisa Anda atur hingga 150 derajat seperti tempat tidur. Selain itu, ada TV layar sentuh 12 inci di depan kursi, stopkontak, lampu baca, meja lipat, bantal, dan selimut.

Adapun harga kereta Sleeper saat ini dipatok sekitar Rp1 jutaan per orang. Bagaimana Sobat Turisian, Liburan Naik Kereta Api ? ***

Sumber: Bisnis.com

Pos terkait