Beli Tiket Kereta Api Lebih Gampang Pakai Aplikasi Ini

Beli Tiket Kereta Api
Calon penumpang bergeas memasuki gerbong kereta jarak jauh di Jakarta. Foto: iStock

TURISIAN.com – Buat Sobat Turisian yang ingin melakukan perjalanan atau liburan menggunakan Kereta Api, kini ada cara gampang beli tiket kereta api.

Selain bisa online melalui aplikasi KAI Access dan tak perlu ke stasiun, pembayarannya pun mudah.

Paling tidak dengan hadirnya, fitur dompet digital KAIPay yang memungkinkan calon penumpang langsung membayar, tanpa harus keluar aplikasi.

Berikut ini adalah cara menggunakan dompet digital KAIPay pada KAI Access :

Unduh atau perbarui KAI Access

Untuk bisa memanfaatkan fitur KAIPay, kamu harus punya aplikasi KAI Access. Caranya gampang, kamu bisa unduh melalui Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS.

Jika sudah punya KAI Access, sebaiknya kamu update aplikasi itu. Pada Senin (19/9/2022), versi terbaru KAI Access adalah 5.0.2 dengan pengembangan versi 121.

BACA JUGA: Yuk Intip Beragam Fasilitas di Stasiun Kereta Api yang Bikin Nyaman!

Daftar jika belum

Selanjutnya, kamu perlu terdaftar dalam aplikasi. Jika belum mendaftar, pilih “akun” di kanan bawah layar, lalu pilih “daftar”.

Kemudian, tekan “Daftar Sekarang” di bagian bawah layar. Masukkan nomor telepon dan alamat email, lalu tekan “Lanjutkan”.

Aktivasi KAIPay

Setelah terdaftar, kamu perlu melakukan aktivasi KAIPay. Caranya adalah pergi ke beranda atau halaman depan aplikasi.

Tekan bagian ikon KAIPay. Baca penjelasan yang muncul, kemudian tekan “Aktifkan KAIPay”.

Kemudian kamu akan dibawa ke laman untuk melengkapi data yang telah didaftarkan ke aplikasi, meliputi nama lengkap, nomor KTP, nomor telepon, dan alamat email.

BACA JUGA: Aturan Terbaru Transportasi Kereta Api Mudik Lebaran 2022, Seperti Apa?

Setelah memastikan data sudah benar, tekan kotak yang menyatakan kamu sudah membaca dan setuju sayart dan ketentuan layanan KAIPay, selanjutkan tekan “Aktivasi”.

Nantinya, kamu akan mendapat WhatsApp dari Kaspro ID. Isinya adalah kode OTP untuk dimasukkan dalam laman verifikasi OTP.

Isi PIN untuk verifikasi transaksi Setelah memasukkan kode OTP untuk aktivasi KAIPay, kamu akan diarahkan ke laman pengisian PIN.

PIN ini akan digunakan setiap kali kamu melakukan transaksi pembayaran tiket KA menggunakan KAIPay.

Setelah PIN yang berisikan lima angka dimasukkan, aplikasi KAI Access akan memberi tahu bahwa kamu sudah berhasil mengaktivasi fitur dompet digital tersebut.

BACA JUGA: Diskon Tiket Kereta Api, Plus Tarif Promo, Simak Rute Berikut Ini

Isi saldo KAIPay

Setelah dompet digital KAIPay aktif, kamu tinggal mengisi saldonya. Ada beberapa cara, yakni melalui ATM, mobile banking, internet banking, sms banking, hingga lewat minimarket.

Bayar tiket KA melalui KAIPay

Setelah pengisian saldo berhasil, kamu bisa langsung pilih stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, serta tanggal keberangkatan KA yang diinginkan.

Kemudian setelah memilih beragam KA yang tersedia, kamu akan dibawa menuju laman “Ringkasan Pemensanan”.

Setelah semua data terisi, klik kotak yang menyatakan bahwa kamu telah membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan pembelian tiket. Lalu klik “Bayar Sekarang”.

Pada laman selanjutnya, kamu diarahkan ke beragam metode pembayaran yang ada. Jika ingin menggunakan KAIPay, kamu tinggal klik pilihan “Bayar dengan KAIPay”.

Bagaimana? Sekarang lebih  gampang kan untuk beli tiket kereta api ? ***

Sumber: Kompas.com

Pos terkait