Festival Milineal Space Bangka, Mampu Gerakan Pariwisata Bangka

Festival Milineal Space
Destinasi lain yang bisa dikunjungi saat berada di Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah Jembatan Emas. Foto: iStock

TURISIAN.com – Festival Milineal Space Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mampu mendorong pertumbuhan pariwisata, pasca pandemi Covid-19.

Selama tiga hari berturut-turut, event musical yan berlangsung di Gedung Juang, Kabupaten Bangka ini diinisiasi oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka.

“Kesuksesan festival band Bangka Setara yang digelar dari tanggal 16 sampai 18 September dengan mengangkat tema Milenial Space. Event ini menjadi momentum membangkitkan kembali semangat generasi muda mengembangkan bakat seni musik,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Rismy Wira Maddona di Sungailiat, Senin 19 September 2022.

Menurutnya, belasan grup band Bangka Setara yang terlibat dari tingkat pelajar dan umum berasal dari sejumlah kota di pulau Bangka.

BACA JUGA: Puri Tri Agung, Wisata Religi Populer di Bangka dan Simbol Tiga Ajaran Agama

Festival Band Bangka Setara

Mereka berhasil membuktikan bahwa grup band masih mendapat minat tinggi dari masyarakat. Meskipun saat ini harus bersaing dengan musik modern  era digitalisasi.

“Pertunjukan festival band Bangka Setara yang pengemasannya bersamaan dengan bazar ekonomi kreatif. Ternyata mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat,” kata Rismy.

“Hal ini,  nampak dari antusias menyaksikan pertunjukan itu,” sambungnya terkait Festival Milineal Space itu.

Bahkan kata dia, lebih dari 25 pelaku UMKM yang berpartisipasi dengan berbagai jenis produk olahan berhasil membukukan nilai transaksi mencapai total puluhan juta.

Panggelaran festival band Bangka Setara dalam rangka HUT Mulya ke – IV, juga diisi dengan muatan edukasi pendidikan puisi tingkat sekolah dasar dan menengah pertama.

Masing – masing juara puisi tingkat SD yakni Argia Naya Anjani, Muhammad Ammar dan Aqila Mazea Khalisha serta tingkat SMP Siti Grevira Elviona, Indria Ulufi dan Resty Pratiwi.

BACA JUGA: Menanti Sunset yang Memesona di Pantai Tikus Bangka

Anggaran Semua dari Swasta

Panitia menetapkan pemenang festival band kategori milenial yakni D’Bengkel, Katok Ijo dan Syncope serta kategori umum band Gerombolan Lama, Auroma dan Shawl of Heaven.

Rismy memberikan apresiasi ke semua pihak yang telah mendukung kegiatan festival band Bangka Setara 2022 ini. Dan juga bazar UMKM. Terlebih anggaran kegiatan sepenuhnya dukungnya semua oleh swasta atau sponsor.

Sementara Bupati Bangka Mulkan juga memberikan apresiasi besar kepada panitia penyelenggara. Dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Mulkan menilai, mereka (dinas)  berhasil menggelar kegiatan dalam rangka mengembangkan sektor kepariwisataan daerah. Indikatornya, dengan besarnya animo masyarakat yang datang.

BACA JUGA: Yuk Liburan ke Pantai Tanjung Pesona Bangka yang Memesona!

Mulkan mengemukakan, festival band dengan gabungan  bazar UMKM merupakan strategi kolaborasi yang cukup tepat. Khusunya, dalam membangkitkan pariwisata dan perekonomian masyarakat.

“Festival band Bangka Setara dapat dijadikan kegiatan persiapan untuk menghadapi festival band Rudianto Tjen pada 28 Oktober  2022. ***

Sumber: Antaranews

Pos terkait