Ayo Naik Kereta Api Wisata Biar Liburan Akhir Tahun Kalian Lebih Seru!

Kereta Api Wisata
Kereta Istimewa dari KAI Wisata.

TURISIAN.com – Liburan akhir tahun akan segera tiba, khususnya di momen Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Dua moemn besar tersebut biasanya dibarengi dengan cuti bersama. Nah kalau belum punya rencana, Sobat Turisian bisa ajak keluarga berwisata ke luar kota dengan naik kereta api wisata atau kereta istimewa dari KAI.

Transportasi khusus ini merupakan persembahan dari salah satu anak usaha KAI, yakni KAI Wisata. Mereka punya kereta yang siap membawa Sobat Turisian liburan di berbagai objek wisata di Indonesia.

Kerennya lagi, kedua kereta tersebut lengkap dengan berbagai fasilitas yang bikin Sobat Turisian tak akan mati gaya karena bosan di sepanjang perjalanan. Pokoknya liburan akhir tahun kalian akan beresan, terutama bagi anak-anak akan menjadi pengalaman yang luar biasa.

Jenis Kereta Api Wisata

Jenis armada wisata dari KAI ini mempunyai ciri khas tersendiri yang menjadi pembeda adengan kereta pi pada umumnya. Sesuai dengan namanya, kereta wisata mempunyai desain sebagai alat transportasi sekaligus sarana rekreasi.

Kereta ini sangat cocok untuk wisata secara kelompok karena konsepnya berupa sewa kereta oleh rombongan wisatawan. Kini sudah tersedia beberapa jenis kereta wisata, seperti Kereta Wisata Nusantara, Kereta Wisata Bali, Kereta Wisata Sumatera, Kereta Wisata Jawa. Lalu ada Kereta Wisata Imperial, Kereta Wisata Priority, Kereta Wisata Toraja, dan Kereta Wisata Retro. Kereta tersebut, nantinya akan satu rangkaian dengan kereta regular sesuai rute dan waktu perjalanan permintaan Sobat Turisian.

Tak hanya kereta api wisata, KAI juga menghadirkan kereta istimewa. Kereta ini sedikit berbeda dengan kereta wisata karena tidak satu rangkaian dengan kereta regular dalam perjalanannya. Jadi Sobat Turisian lebih bebas mengatur destinasi dan waktu perjalanan.

Baca juga: KAI Siap Layani Wisatawan dengan Sarana Kereta Api Semaksimal Mungkin

Di kereta yang satu ini, Sobat Turisian juga bisa melihat langsung pemandangan dari depan kabin masinis, lho! Wah, pastinya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan sekali dan berkesan.

Sifat perjalanannya yang fleksibel, pihak KAI Wisata juga menawarkan beberapa paket wisata untuk berkunjung ke objek wisata yang Sobat Turisian lalui selama perjalanan, dari titik keberangkatan ke titik tujuan. Asyik banget kan, Sob!

Fasilitas Kereta 

Sepanjang perjalanan menaiki kereta wisata atau kereta istimewa, Sobat Turisian tak akan bosan. Sebab ada berbagai aktivitas seru yang bisa kalian lakukan. Selain memiliki kursi yang lebar dan empuk, buat yang suka nyanyi, bisa karaoke sepuasnya di ruangan yang sudah tersedia.

Buat Sobat Turisian yang ingin santai sambil nonton film kesayangan, tersedia pula TV layar lebar dengan audio mumpuni khusus buat kalian. Prama dan prami di kereta wisata juga akan selalu siaga memenuhi kebutuhan kalian selama perjalanan. Semua keretanya terdapat toilet eksklusif.

Di samping itu, ada beberapa fasilitas tambahan yang membedakan antara satu jenis kereta dengan yang lain. Contohnya, Kereta Wisata Retro berkapasitas 20 tempat duduk dengan desain nuansa klasik dan furniture yang sangat retro. Sehingga memberikan pengalaman perjalanan yang berbeda. Cocok sekali buat Sobat Turisian yang gemar selfie selama perjalanan karena interiornya sangat instagramable.

Baca juga: Museum Sawahlunto, Tempat Wisata Sejarah Kereta Api di Sumatera Barat

Kalau mau merasakan nuansa Pulau Sumatera, kalian bisa pilih Kereta Wisata Sumatera dengan interior serta pernak-pernik yang menonjolkan seni dan keindahan budaya Sumatera. Memiliki kapasitas 22 tempat duduk dan lengkap dengan ruang serbaguna untuk rapat maupun menjadi meja makan keluarga.

Ragam Paket Wisata Seru

Bukan hanya menyediakan kereta wisata, KAI Wisata juga menawarkan beberapa paket perjalanan ke berbagai destinasi menarik di Indonesia, seperti Lawang Sewu dan Museum Ambarawa. Kedua destinasi itu masih menjadi favorit masyarakat untuk menghabiskan liburan akhir tahun bersama keluarga.

KAI Wisata juga melayani permintaan paket tur khusus sesuai dengan keinginan Sobat Turisian. Enaknya lagi, jadwal perjalanan dan destinasi wisata serta akomodasinya dapat kalian tentukan sendiri.

Paket perjalanan kereta wisata yang tersedia juga bukan hanya untuk rombongan saja, bisa juga untuk individual. Untuk cek informasi lengkapnya kamu bisa kunjungi website resmi KAI Wisata di kaiwisata.id.

Mengutip dari laman kai.id, VP Public Relations KAI, Joni Martinus menyampaikan, perjalanan kereta wisata atau kereta istimewa tentu akan memberikan kesan. Serta pengalaman yang berbeda dengan kereta regular.

“Ini dapat menjadi salah satu cara menghabiskan liburan akhir tahun yang unik dan luar biasa yang ditawarkan oleh KAI Grup. Kami senantiasa melakukan berbagai inovasi untuk memberikan layanan terbaik bagi para pelanggan dengan adaptif mengakomodir keinginan masyarakat untuk bertranspotasi terutama di masa liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 nanti,” paparnya.

Baca juga: Nih Aturan Berfoto di Stasiun Kereta Api yang Harus Kamu Taati!

Gimana Sob? sudah siapkah menghabiskan liburan akhir tahun kaliam dengan cara berbeda bersama kereta wisata. Jamin deh tak akan menyesal karena fasilitas dan pelayanannya istimewa. Oh iya, jangan lupa tetap patuhi protokol kesehatan di mana pun kalian berada, ya!*

 

 

 

Sumber & Foto: kai.id

Pos terkait