Wisata Fenomenal di Yogyakarta Ini Masih Favorit Wisatawan, Ini Rutenya

Wisata Fenomenal di Yogyakarta
Pemandangan hamparan Gumuk Pasir Parangkusumo. Foto: iStock

TURISIAN.com – Wisata fenomenal di Yogyakarta ini masih menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Selalu ramai, baik saat akhir pekan maupun pada hari biasa.

Selain unik, karena berupa bukit pasir yang menjulang tinggi di tepi pantai, kawasan wisata ini juga tak terlalu sulit untuk dijangkau.

Dari pusat Kota Yogyakarta, jarak tempuh menuju destinasi ini adalah sekitar 33 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 1 jam.

Tempat wisata itu adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Berada di sini, wisatawan seolah sedang berada di padang pasir Timur Tengah.

BACA JUGA: Bubur Kalkun Burjon, Menu Sarapan Sehat dan Enak di Yogyakarta

Padahal, lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo ada di Kabupaten Bantul.

Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo ini tepatnya berada di Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute ke Gumuk Pasir Parangkusumo

Lokasi Gumuk Pasir Parangkusumo sebenarnya ada di sebelah barat dari Pantai Parangtritis yang sudah banyak dikenal orang.

Oleh karena itu jika ingin berkunjung ke sana, wisatawan cukup ikuti jalan utama dari Yogyakarta ke arah Pantai Parangtritis.

Dari Perempatan Titik Nol Kilometer Yogyakarta di Malioboro, pertama ambil arah ke timur sampai Perempatan Taman Pintar.

BACA JUGA: Ada Tarif Khusus Tiket Kereta ke Yogyakarta, Ini Syaratnya

Selanjutnya, belok kanan dan lurus terus sampai perempatan Pojok Beteng Wetan. Terus lurus di perempatan (agak serong kanan) masuk Jalan Parangtritis.

Selanjutnya, cukup mudah. Cukup lurus terus ikuti Jalan Parangtritis karena jalan ini langsung mengarah ke Pantai Parangtritis tanpa percabangan.

Setelah pos retribusi, Gumuk Pasir sudah terlihat di kanan jalan. Tinggalkan jalan utama ke Pantai Parangtritis dan belok kanan masuk ke Jalan Gumuk Pasir.

Adapun menuju Gumuk Pasir Parangkusumo bisa dilakukan dengan kendaraan umum. Ada bus jurusan Yogyakarta-Parangtritis dari Terminal Giwangan.

Kalian juga bisa naik bus ini sampai kawasan Pantai Parangtritis dan jalan kaki ke wisata fenomenal di Yogyakarta ini. ***

Sumber: Kompas.com

Pos terkait