Air Terjun Segenter, Hidden Gem di Narmada Lombok Barat

Air Terjun Segenter
Air Terjun Segenter, Lombok Barat, NTB. (Source: Dispar Kab. Lombok Barat)

TURISIAN.com – Pulau Lombok memang sudah terkenal menyimpan banyak objek wisata alam yang memukau. Salah satu yang mesti Sobat Turisian kunjungi, yakni Air Terjun Segenter. Pesonanya sangat indah dan masih alami, sehingga tak salah kalau menyebutnya sebagai hidden gem di Lombok Barat.

Destinasi wisata alam air terjun tersebut terletak di Dusun Kumbi, Desa Pakuan, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, NTB. Air terjun yang masuk dalam kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Nuraksa ini, memiliki air bersih dan dingin yang mengalir dari kaki Gunung Rinjani.

Air Terjun Segenter yang kini telah populer di kalangan traveller Lombok itu, pengelolaannya di bawah UPT dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) NTB. Kawasan Tahura Nuraksa sendiri yang sudah pengukuhan sejak 2013 lalu.

Objek wisata air terjun yang satu ini mengusung konsep bentangan alam yang mempertahankan fungsi hutannya. Sehingga sangat cocok bagi Sobat Turisian yang gemar dengan kegiatan “outdoor adventure”.

Begitu memasuki kawasan wisata Air Terjun Segenter, Sobat Turisian langsung mendapat suguhan pemandangan yang memesona. Tampak suasana yang asri berwarna hijau dari daun-daun pepohonan yang tumbuh di sekitar.

Ketinggian Air Terjun Segenter sendiri tidak terlalu tinggi. Hanya berkisar kurang lebih 20 meter dengan debit air yang cukup deras. objek air terjun ini berada di kawasan seluas 3.155 hektare.

Baca juga: Terpesona Keindahan Gugusan Gili Cantik Desa Sekotong Barat

Buat Sobat Turisian yang hobi hiking, berkemah, tempat wisata ini sangat cocok untuk kalian kunjungi. Areal perkemahan dan rute untuk hiking juga sudah tersedia yang terjamin keamanannya.

Wisata Foto di Air Terjun Segenter

Aktivitas paling populer di wisata air terjun ini, yaitu berburu foto-foto cantik nan eksotis berlatar air terjun. Nah spot foto yang paling menarik di sini, ada “Selfie Point” namanya. Letaknya berada di pinggiran tebing terjal. Selain sebagai spot foto, juga sebagai tempat peristirahatan.

Dari “selfie point” tersebut, Sobat Turisian dapat dengan jelas menikmati keindahan alam dari karakteristik hutan tropis yang ada di kawasan Tahura Nuraksa. Tambah lagi panorama di antara deretan hijau pepohonan raksasa yang menjulang tinggi itu, terselip kesegaran deburan Air Terjun Segenter.

Untuk menikmati deburan air terjun yang satu ini, Sobat Turisian harus sedikit memacu adrenalin dengan menuruni tebing terjal dengan 154 anak tangga. Tapak terakhir tangga ini akan langsung tersaji areal Segenter.

Akses Menuju Air Terjun Segenter

Menuju lokasi air terjun di Lombok Barat ini, Sobat Turisian akan menempuh jarak sekitar 30 km dari Kota Mataram. Dari pintu gerbang masuk jaraknya sekira 4 km dengan melewati jalur hutan.

Akses ke destinasi wisata air terjun ini tidak sulit untuk Sobat Turisian tempuh dengan berkendara. Perjalanannya akan memakan waktu sekitar setengah jam dari Kota Mataram hingga gerbang objek wisata alam ini.

Baca juga: Yuk Main ke Taman Langit Bukit Bengkaung Lombok yang Lagi Ngehits!

Sementara akses melalui kawasan wisata Hutan Sesaot, jalur ke Tahura Nuraksa dapat Sobat Turisian tempuh dengan berkendara sekitar 10 menit ke arah timur. Melintasi perkampungan warga pesisir hutan. Akses kendaraan roda empat terbuka lebar hingga masuk ke halaman lapang yang ada di kawasan Tahura Nuraksa, Lombok Barat.*

 

Pos terkait