Danau Rusa Kampar Riau dengan Sajian Pemandangan yang Memukau

Danau Rusa
Danau Rusa di Kab. Kampar, Riau. (Source: Disparbud Kab. Kampar)

TURISIAN.com – Danau Rusa merupakan salah satu destinasi wisata unggulan Kabupaten Kampar, Riau. Sajian pemandangan alam di sini sangat indah dan memukau. Sobat Turisian bakal nyaman di tempat ini, apalagi yang lagi mencari ketenangan.

Objek wisata danau ini juga kerap menjadi venue acara berstandar internasional. Seperti salah satunya event Kampar International Dragon Boat dengan peserta dari 12 negara.

Lokasi Danau Rusa ini sangat strategis karena terletak di pinggir Danau PLTA Koto Panjang. Di kala senja tiba, Sobat Turisian bisa menikmati indahnya sunset yang membuat mata sejuk.

Nama danau ini berasal karena katanya hutan-hutan di sekitarnya banyak rusa. Sehingga menjadi tempat favorit bagi pemburu rusa. Biasanya rusa-rusa itu secara begerombol minum air danau yang jernih dan bersih.

Selain pemandangan alam, Sobat Turisian pun akan tekagum-kagum melihat air Danau Rusa yang berwarna kehijau-hijauan, mirip air laut dan sangat jernih. Airnya pun sangat tenang, cocok sebetulnya untuk berenang.

Baca juga: Masjid Jami Kampar yang Bersejarah dengan Bangunan Tanpa Paku

Kemudian tidak jauh di seberang danau, tampak hutan-hutan yang tidak terlalu lebat dengan bukit-bukit kecil kehijauan, terlihat seperti lukisan alam yang indah. Cantik sekali buat latar swafoto Sobat Turisian yang eksotik dan tentunya instagenic.

Belum lagi terdapat semenanjung kecil  yang menjorok ke dalam danau dengan sebatang kayu yang berada di tengah danau. Menambah keindahan pemandangan alam sekitar.

Pesona Senja Danau Rusa

Lebih asyik lagi, mengunjungi tempat wisata ini di saat senja atau saat matahari mulai tenggelam. Sobat Turisian bisa berkunjung dan berfoto-foto sambil menikmati sunset. Selain itu, aktivitas memancing juga menarik kalian lakukan.

Jika ingin lebih mengekplorasi Danau Rusa, Sobat Turisian bisa menyewa perahu untuk mengelilingi danau. Dapat pula berkemah bagi Sobat Turisian yang berminat untuk menikmati suasana malam di tempat tersebut.

Fasilitas & Lokasi Danau

Kawasan wisata ini buka setiap hari, mulai dari pukul 8:00 WIB sampai dengan pukul 17:00 WIB. Di sini sudah tersedia sejumlah fasilitas pendukung, di antaranya kafe, area parkir, toilet, dan lainnya. Untuk tiket masuknya, cukup bayar Rp15.000 per orang. Lalu tarif parkir motor Rp2.000, mobil Rp5.000.

Baca juga: Gulamo, Surga Tersembunyi di Kabupaten Kampar yang Indah Mirip Green Canyon

Danau Rusa tersebut berlokasi di Batu Bersurat, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau. Untuk menuju ke objek wisata ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan darat dari Kota Pekanbaru. Sobat Turisian bisa menggunakan kendaraan mobil atau motor.*

Pos terkait