Menikmati Keindahan Alam Gunung Egon Pulau Flores

Gunung Egon
Gunung Egon, Kab. Sikka, NTT. (Source: Disparbud Kab. Sikka)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian pecinta alam dan hobi mendaki gunung, wajib coba ke Gunung Egon. Salah satu objek mendaki gunung favorit di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). Lokasinya berada di Kabupaten Sikka.

Gunung ini termasuk kategori gunung berapi yang bertipe Stratovulcano dengan ketinggian 1.703 meter dari permukaan laut. Gunung ini kembali aktif pada 2006 setelah vakum selama 75 tahun. Tercatat pernah meletus dahsyat pada 1925.

Akibat letusan tersebut, Gunung Egon ini menyimpan bukti letusan dahsyat berupa sebuah kawah luas yang menganga lebar. Sobat Turisian bakal takjub begitu melihatnya dari dekat.

Objek wisata alam ini berada di wilayah timur dari Maumere. Atau sekitar 30 kilometer dari ibu kota Kabupaten Sikka tersebut. Tepatnya terletak di Kecamatan Waigete, Kabupaten Sikka, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Ketika berada di Puncak Gunung Egon, Sobat Turisian menyuguhkan pengalaman petualangan yang seru. View panoramanya begitu indah dan memanjakan mata. Cocok juga untuk mencari ketenangan pikiran dan jiwa, sekaligus melepas kepenatan.

Baca juga: Pantai Wairterang Kabupaten Sikka dengan Pesona Alam yang Eksotis

Destinasi wisata alam ini selalu ramai wisatawan terutama pencinta alam yang hobi mendaki gunung. Untuk dapat mendaki gunung ini, Sobat Turisian tinggal berkendara dari Kota Maumere menuju ke Desa Egon, pasnya di titik pendakian Andalan.

Akses Pendakian 

Untuk mencapai lokasi wisata gunung ini, Sobat Turisian dapat menempuh perjalanan dari tiga wilayah. Berbatasan langsung dengan Kabupaten Sikka yaitu Kabupaten Ende, wilayah Flores Timur, dan Kabupaten Ngada.

Jika ingin mendaki Gunung Egon, sebaiknya Sobat Turisian bisa menghubungi Guide Treking lokal untuk menjadi pemandu wisata. Agar perjalanan kalian terhindar dari keluar jalur pendakian.

Di punggungan pertama sebelum sampai di bibir kawah, terdapat beberapa alat untuk mendeteksi aktivitas gunung api ini. Dari lokasi tersebut, para pendaki cukup melewati satu punggungan yang cukup terjal untuk sampai di bibir kawah.

Baca juga: Danau Semparong Pulau Sukun di Kabupaten Sikka yang Memukau

Selain luas kawah yang menjadi sisa letusan, dari salah satu sisi Gunung Egon juga terdapat semburan asap panas. Hal tersebut menandakan aktivitas vulkanik dari gunung berapi yang satu ini.*

 

 

Pos terkait