Gulamo, Surga Tersembunyi di Kabupaten Kampar yang Indah Mirip Green Canyon

Gulamo
Gulamo di Kabupaten Kampar, Riau. (Source: Disparbud Kab. Kampar)

TURISIAN.com – Kabupaten Kampar di Provinsi Riau menyimpan surga alam yang tersembunyi. Terkenal dengan nama Gulamo, yang merupakan sebuah sungai dengan keindahan yang memesona mirip Green Canyon.

Objek wisata alam tersebut berlokasi di Desa Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Saking indahnya, tempat ini masuk nominasi “Surga Tersembunyi” di Anugerah Pesona Indonesia (API) 2019 persembahan Kemenparekraf.

Panorama alam wisata Gulamo ini sangat memanjakan mata, tampak pohon-pohon besar dan rindang mengelilinginya. Belum lagi tebing-tebing menjulang tinggi di kiri kanan aliran sungai yang berwarna hijau terang menambah syahdu tempat ini.

Selain itu, Sobat Turisian juga bisa melihat dua air terjun di sepanjang aliran sungai yang jatuh seakan memenuhi sungai. Untuk menikmati semua pesona yang tersaji, kalian mesti menyewa perahu motor yang tersedia di sana.

Baca juga: Terpukau Keindahan Air Terjun Batang Kapas Riau

Di beberapa bagian aliran Sungai Gulamo Kabupaten Kampar ini, Sobat Turisian bisa berenang menikmati kesegaran airnya. Jangan khawatir tenggelam karena kalian akan diberi rompi pelampung. Sehingga tingkat keamanannya sangat terjamin.

Akses ke Wisata Gulamo

Untuk menuju ke objek wisata di Riau yang satu ini, Sobat Turisian harus melalui titik kumpul di Jembatan 1 Desa Tanjung Alai. Berjarak sekitar 99 km dari Kota Pekanbaru, membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 2,5 jam menggunakan motor atau mobil.

Perjalanannya pun tak akan membosankan karena sepanjang jalan kalian bisa menikmati sajian panorama persawahan, bantaran Sungai Kampar. Serta bukit-bukit yang mengelilingi Danau PLTA Koto Panjang.

Sesampainya di rute pertama, perjalanan Sobat Turisian berlanjut menggunakan boat atau perahu motor menuju Sungai Gulamo. Namun sebelum naik perahu, pemandu wisata akan memberikan pengarahan tentang keselamatan ketika berwisata di kawasan wisata itu.

Selanjutnya, perahu tersebut akan membawa Sobat Turisian mengarungi Danau PLTA Koto Panjang terlebih dahulu. Di danau ini pun cukup asyik karena ada pemandangan aktivitas nelayan memancing ikan dan ratusan keramba ikan. Ada pula view bentangan bukit hijau menjulang tinggi mengelilingi danau.

Setelah mengarungi danau sekitar 1 jam, perahu motor mulai memasuki kawasan Sungai Gulamo. Kepiawaian juru mudi mengendalikan perahu membawa wisatawan membelah arus air sungai. Di bagian kanan kiri sungai terlintasi tebing cadas yang penuh lumut, bakal memukau Sobat Turisian.

Baca juga: Masjid Jami Kampar yang Bersejarah dengan Bangunan Tanpa Paku

Sementara untuk biaya wisata ke Sungai Gulamo tersedia dalam bentuk paket wisata. Satu paket tarifnya sekitar Rp600.000. Biaya ini untuk sewa perahu, pelampung, dan juru mudi. Kapasitas penumpang dalam satu perahu bisa untuk 10 orang. Namun harga ini bisa berubah sewaktu-waktu, Sob!*

Pos terkait