Terpukau Keindahan Air Terjun Batang Kapas Riau

Air Terjun Batang Kapas
Air Terjun Batang Kapas, Kab. Kampar, Riau. (Source: Disparbud Kab. Kampar)

TURISIAN.com – Air Terjun Batang Kapas Riau merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia. Perkiraan tingginya mencapai kurang lebih 150 meter, dengan panorama alam yang sangat indah untuk Sobat Turisian kunjungi dan nikmati.

Objek wisata Riau yang satu ini sangat cocok buat Sobat Turisian yang ingin menikmati suasana alam nan asri dan memukau. Sekaligus healing dan refreshing untuk melepas rasa penat dari rutinitas sehari-hari.

Di sekeliling Air Terjun Batang Kapas terdapat hutan “perawan” dan masih memiliki berbagai macam flora fauna. Sehingga Sobat Turisian dapat merasakan udara segar, dengan iringan berbagai jenis suara kicauan burung yang syahdu. Bakal membuat kalian nyaman dan betah berlama-lama di sini.

Ketika berkunjung ke air terjun tersebut, Sobat Turisian tak hanya dapat melihat air terjun. Namun kalian pun akan terpuaskan dengan sajian pemandangan yang indah dari perbukitan. Seolah-olah berada di negeri di atas awan. Pesona sunrise di pagi hari pun sangat sayang Sobat Turisian lewatkan.

Setelah lelah mengeksplorasi kawasan wisata Air Terjun Batang Kapas, Sobat Turisian dapat beristirahat atau bermalam di spot yang diyakini aman dengan berkemah. Tetapi menuju spot tersebut, kalian harus mendaki kurang lebih 15 menit.

Baca juga: Berselancar di Sungai Kampar, Unik Juga Mendebarkan

Letak spot tersebut berada tepat di balik gemuruh air terjun. Di tempat ini Sobat Turisian dapat beristirahat di atas cekungan batu. Ukuran panjangnya sekitar 50 meter dengan lebar sekira 2 hingga 4 meter.

Suasana alam sekitar objek wisata tersebut sangat memukau. Sobat Turisian juga akan memanjakan diri dengan panorama alam yang sangat indah. Tampak hamparan pohon-pohon besar dan batu alam menjulang tinggi yang membentang panjang menghiasi air terjun ini.

Lokasi & Akses ke Air Terjun Batang Kapas

Wisata alam ini terletak di Desa Lubuk Bigau, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Untuk menjangkaunya, Sobat Turisian bisa menggunakan mobil atau motor.

Rute perjalanan ke air terjun ini, Sobat Turisian bisa berangkat dari Kota Pekanbaru, dengan waktu tempuh sekira 2 jam perjalanan. Jaraknya 71 km dengan kondisi jalan beraspal. Selanjutnya perjalanan kalian teruskan menuju Desa Lubuk Bigau.

Ada beberapa desa yang akan Sobat Turian saat berlibur di kawasan ini. Di antaranya Desa Sontul, Tanjung Karang, Deras Tajak, dan Desa Batu Sasak. Setelah sampai di Desa Lubuk Bigau sisa jarak tempuh untuk menuju air terjun Batang Kapas diperkirakan 4 hingga 5 kilometer.

Baca juga: Mengenal Candi Muara Takus, Tertua di Tanah Sumatera

Di Desa Lubuk Bigau tersedia pula jasa ojek sepeda motor dari masayarakat desa setempat. Waktu tempuh ke destinasi tersebut, hanya 15 menit. Lalu lanjutkan berjalan kaki melewati hutan belantara dengan waktu tempuh sekitar 3 jam.*

 

Pos terkait