Tamasya ke Air Terjun Mengaya yang Memesona, Hidden Gem di Aceh Tengah

Air Terjun Mengaya
Air Terjun Mengaya di Kab. Aceh Tengah, Aceh. (Source: Dispar Kab. Aceh Tengah)

TURISIAN.com – Danau Lut Tawar merupakan destinasi wisata unggulan dan menjadi ikon wisata Kabupaten Aceh Tengah. Karena selain danaunya indah, juga banyak objek wisata lain di sekitarnya yang taka kalah memesona. Salah satunya Air Terjun Mengaya.

Objek air terjun tersebut terletak di sisi selatan Danau Lut Tawar. Masuk ke wilayah Kampung Mengaya, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh. Posisinya berada di teluk dan tersembunyi di balik pegunungan, hingga pantas menyebutnya sebagai hidden gem.

Kalau Sobat Turisian berangkat dari Takengon, ibu kota Kabupaten Aceh Tengah, maka perjalanan ke Air Terjun Mengaya berjarak sekitar 12 km. Atau lebih kurang 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua.

Untuk menuju ke destinasi wisata alam Aceh Tengah yang satu ini cukup mudah. Kini kondisi jalannya pun sudah beraspal dan dapat Sobat Turisian lalui dengan segala jenis kendaraan. Sepanjang jalannya pun kalian bisa menikmati indahnya perkebunan kopi warga setempat dan hutan pinus.

Baca juga: Buntul Rintis Aceh Tengah, Wisata Alam dengan Beragam Spot Foto Intagenic

Tak heran, banyak juga wisatawan yang berjalan kaki menuju air terjun tersebut. Ketika berjalan kaki, Sobat Turisian bisa sembari menikmati dingin dan sejuknya udara di sekitar. Rasa lelah perjalanan tersebut pun akan terbayar lunas dengan keindahan air terjun yang cantik dan masih alami.

Daya Tarik & Fasilitas Wisata Air Terjun Mengaya

Begitu Sobat Turisian tiba di Air Tejun Mengaya, langsung mendapat suguhan keasrian alam dan gemercik air terjun, plus pesona alam yang menawan. Sehingga menarik untuk kalian kunjungi bersama keluarga atau rekan. Sangat cocok pula buat tempat refreshing atau healing dari kepenatan rutinitas.

Air terjun setinggi 180 meter tersebut memiliki kolam jatuhan air yang berada di bawahnya. Sobat Turisian juga boleh mandi atau berenang di situ. Namun airnya sangat dingin yang bakal menembus hingga ke tulang. Jadi kalau tidak kuat dingin, cukup menikmati pesona keindahan air terjun dan sejuknya tempat ini.

Sebagai tempat wisata alam di Aceh Tengah, kawasan wisata Air Terjun Mengaya sudah menyediakan sejumlah fasilitas penunjang wisatawan. Sobat Turisian bisa menemukannya di sekitar gerbang utama masuk menuju objek wisata ini.

Baca juga: Danau Lut Tawar Aceh Tengah yang Indah dan Menyimpan Legenda Masyarakat Gayo

Fasilitas tersebut meliputi toilet umum yang airnya bersumber dari pegunungan. Kemudian ada musala, warung-warung makanan dan minuman, area parkir yang cukup luas dan aman, dan lainnya.*

Pos terkait