Melancong ke Pulau Temajo Mempawah yang Indah dan Memanjakan Mata

Pulau Temajo
Pulau Temajo di Kab. Mempawah, Kalbar. (Source: Mempawah Tourism)

TURISIAN.com – Bagi Sobat Turisian yang bosa berlibur di pantai-pantai Jawa dan Bali, bisa coba berangkat ke Kalimantan Barat. Di sana ada objek wisata bahari yang menyajikan pesona pantai dan bawah laut yang indah dan memanjakan mata. Tempatnya yakni Pulau Temajo di Kabupaten Mempawah.

Objek wisata ini berupa pulau dengan pantai berpasir putih yang memiliki keindahan alam yang menakjubkan dan masih alami. Tempatnya pun sangat nyaman karena sudah tersedia fasilitas penunjang yang cukup memadai, seperti penginapan/villa, surau, hingga kolam renang.

Pulau Temajo merupakan dataran tinggi dengan hutan tropis yang masih alami yang sangat cocok untuk kegiatan hiking. Terdapat pula hutan bakau dengan panjang lebih kurang 3000 meter. Letaknya pun langsung dengan Laut Natuna dan Pantai Kijing. Memiliki keunikan pantai dengan pasir putih dan air laut yang jernih dan berkarang.

Di sini Sobat Turisian bisa menikmati keindahan bawah laut dengan kegiatan diving atau snorkeling. Di sekitarnya juga terdapat ”Kelong” yaitu tempat nelayan menangkap jenis species seperti cumi-cumi dan ikan teri. Terlebih di malam hari kelihatan lampu-lampu minyak para nelayan di laut bagaikan kunang-kunang.

Wisata bahari yang tersaji di Pulau Temajo tersebut benar-benar alami dan memiliki keindahan yang memesona. Hamparan pasir pantainya begitu panjang di bagian sisi barat dan selatan. Bagi Sobat Turisian yang ingin menginap bisa pilih vila di Temajo Bay Resort.

Baca juga: Berkunjung ke Pulau Penibung Mempawah dengan Sajian Alam yang Indah

Kawasan wisata di Mempawah ini juga memiliki area hutan magrove yang tumbuh subur di beberapa sisi bibir pantai. Kalau Sobat Turisian beruntung akan melihat lumba-lumba saat perjalanan menuju pulau yang satu ini.

Selain keindahan pantai, pesona bawah lautnya pun cukup aduhai. Sobat Turisian yang hobi menyelam wajib mencobanya di sini. Banyak hewan laut seperti clowfish atau nemo yang berada di dekat pantai pulau ini. Serta terumbu karang yang masih terjaga kelestariannya.

Akses Menuju Pulau Temajo

Sobat Turisian yang ingin datang ke pulau di Mempawah ini, tersedia dua pilihan akses. Dapat menggunakan kapal nelayan yang berada di Sungai Kunyit Mempawah atau di Rest Area Penibung.

Jika berangkat dari dermaga Sungai Kunyit, kalian bisa menjangkau dermaga itu lebih kurang 2,5 jam dari ibu kota Kalimantan Barat, Kota Pontianak. Dengan menggunakan mobil ataupun sepeda motor untuk menuju ke Sungai Kunyit.

Dari Dermaga Penyeberangan Sungai Kunyit tersebut, Sobat Turisian dapat menyewa kapal nelayan untuk melanjutkan perjalanan ke Pulau Temajo. Tarif sewa kapal nelayan berkapasitas 12 penumpang ini sekira Rp600.000/kapal untuk Pergi-Pulang.

Baca juga: Mengenal Istana Amantubillah Milik Kerajaan Mempawah di Kalbar

Jarak dari dermaga Sungai Kunyit ke pulau tersebut hanya 4 km, membutuhkan sekitar 45-50 menit perjalanan mengarungi perairan laut. Perjalanannya jamin tak membosankan karena Sobat Turisian bisa sembari mengabadikan momen-momen di dalam kapal maupun memotret panorama laut.*

 

 

Pos terkait