Air Terjun Kandawu Ndawuna Buton yang Memesona dan Memikat Mata

Air Terjun Kandawu Ndawuna
Air Terjun Kandawu Ndawuna Kab. Buton, Sultra. (Source: Dispar Kab. Buton)

TURISIAN.com – Kabupaten Buton di Sulawesi Tenggara (Sultra) menyimpan banyak air terjun yang memesona dan memukau. Hingga tak heran daerah ini mendapat juluku kota 1000 air terjun. Salah satu yang menarik Sobat Turisian kunjungi, yaitu Air Terjun Kandawu Ndawuna.

Air terjun yang indah ini terletak di Desa Waondo Wolio, Kecamatan Kapontori, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Untuk menjangkaunya, Sobat Turisian dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Jarak yang harus Sobat Turisian tempuh menuju Air Terjun Kandawu Ndawuna, dari Kota Baubau sekitar 70 km. Dengan durasi perjalanan lebih kurang 2 jam berkendara.

Selanjutnya jarak dari jalan poros Buton-Baubau menuju ke dalam area air terjun sekira 7 km. Sejauh 5 km dapat Sobat Turisian tempuh menggunakan kendaraan. Sisanya sekitar 2 km harus kalian lalui degan berjalan kaki menelusuri hutan.

Sepanjang jalan menuju Air Terjun Kandawu Ndawuna, Sobat Turisian bisa menikmati sajian pemandangan alam yang menyejukkan mata. Tampak hamparan lahan pertanian warga hingga suara aliran air, serta rimbunnya hutan yang masih lestari.

Baca juga: Segarnya Berenang di Air Biru Danau Maobu Buton yang Cantik

Daya Tarik Air Terjun 

Destinasi wisata air terjun tersebut mempunyai debit air yang cukup deras dengan permukaan yang lebar dan luas. Bakal membuat Sobat Turisian terpesona begitu melihatnya dari dekat. Tak heran kalau air terjun ini menjadi salah satu andalan Kabupaten Buton.

Puncak keindahan wisata air terjun tersebut dapat Sobat Turisian nikmati di saat tingginya bentangan air yang jatuh dari ketinggian sekitar 30-50 meter. Buih air dari air jatuh tersebut memberikan suasana kabut pada pepohonan yang berada di sekitar air terjun.

Di tempat wisata alam yang satu ini, Sobat Turisian dapat bermain air untuk merasakan kesegaran dari airnya. Namun perlu kalian ketahui, kegiatan di air tersebut hanya untuk yang mahir berenang. Pasalnya untuk titik permandiannya cukup dalam.

Bukan hanya airnya yang segar, udara di sekitar Air Terjun Kandawu Ndawuna ini juga cukup menyejukkan. Sebab masih berada dalam kawasan Hutan Lindung Lambusango Buton yang asri dan masih terjaga kealamiannya.

Jangan lupa Sobat Turisian untuk hunting foto-foto cantik nan eksotik di sana. Banyak spot foto bernuansa alami yang dapat kalian jadikan sebagai titik untuk mengabadikan momen bersama teman, sahabat, atau keluarga.

Baca juga: Kande Tompa, Tradisi Unik di Buton Sebagai Ajang Mencari Jodoh

Sayangnya, belum ada fasilitas yang memadai dari pemerintah setempat. Namun hal itu membuat objek wisata Air Terjun Kandawu Ndawuna tampak lebih alami. Seolah-olah belum terjamah oleh siapapun, padahal keberadaannya sudah sempat viral di media sosial.

Jadi kalau tertarik berkunjung ke sini, Sobat Turisian perlu menyiapkan berbagai hal. Mulai dari fisik yang prima hingga perbekalan logistik seperti makanan dan minuman.*

Pos terkait