Curug Lawe Sicepit, Surga Tersembunyi di Kabupaten Kendal

Curug Lawe Sicepit
Curug Lawe Sicepit, Kendal, Jateng. (Source: Pemkab Kendal)

TURISIAN.com – Curug Lawe Sicepit termasuk salah satu surga tersembunyi di Kabupaten Kendal. Lokasinya cukup tersembunyi di tengah hutan, namun pesona keindahannya bakal membuat Sobat Turisian terpukau kala melihatnya langsung.

Kawasan air terjun setinggi 20 meter tersebut, memiliki suasana yang tenang dan jauh dari keramaian. Dengan udara yang dingin dan air yang segar, kadang muncul kabut yang menjadi nilai tambah dari tempat wisata ini. Sangat cocok buat Sobat Turisian yang mencari ketenangan dan healing melepas kepenatan.

Objek Curug Lawe Sicepit tampil sangat cantik, mengalirkan air dari sebuah tebing hitam yang cukup tinggi. Ketika musim penghujan, aliran airnya bisa melebar ke samping. Sepanjang waktu airnya terus mengalir menuju sebuah sungai dengan hiasan bebatuan beragam ukuran.

Tampak tebing-tebing di sekitar air terjun yang banyak terselimuti tanaman peredu. Kemudian ada hutan pinus yang menjulang tinggi dan bakal membuat mata menjadi segar. Di sekitar air terjun ini pun terdapat sebidang tanah datar yang bisa Sobat Turisian manfaatkan untuk mendirikan tenda atau kegiatan lain bersama kawan-kawan.

Di area Curug Lawe Sicepit sudah tersedia sejumlah gazebo dan bangku panjang yang bisa Sobat Turisian jadikan sebagai spot foto berlatar air terjun tersebut. Cocok juga untuk tempat kalian beristirahat atau bersantai sembari merasakan sejuknya udara dan keindahan alam sekitar.

Wisata air terjun di Kendal yang satu buka setiap hari, mulai dari pukul 07.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Kecuali untuk Sobat Turisian yang camping di sini, bisa menikmati tempat ini selama 24 jam. Untuk harga tiket masuknya sangat terjangkau, hanya sekira Rp5.000 per orang. Harga ini dapat berubah sewakti-waktu, ya Sob!

Baca juga: Nikmatnya Berendam Air Panas Alami Sambil Rekreasi di Promas Greenland Kendal

Berkunjung ke Curug Lawe Sicepit ini pun semakin nyaman karena sudah tersedia sejumlah fasilitas pendukung. Di antaranya tempat parkir kendaraan, warung makanan dan minuman, toilet, musala, dan lainnya.

Lokasi & Rute ke Curug Lawe Sicepit

Destinasi wisata ini terletak di wilayah Dusun Gunungsari, Desa Ngesrep Balong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Menuju ke sana, Sobat Turisian bisa menggunakan kendaraan bermotor.

Rute menuju Curug Lawe Sicepit, kalian bisa melalui Jalan Raya Manyaran, kemudian belok kanan ke arah Boja. Teruskan melaju hingga tiba di Jl. Raya Cangkiran – Gunung Pati. Kondisi jalannya sudah beraspal dan juga tak begitu ramai.

Kalau sudah sampai di Nglimut, Gonoharjo dan melewati tempat Pemandian Air Panas Nglimut, Gonoharjo. Sobat Turisian terus belok ke arah kanan, melalui jalan yang sudah mulai mengecil. Maka sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua saja. Selain itu, tanjakan dan tikungan curam pun akan kalian lalui.

Nanti Sobat Turisian akan menemukan gerbang masuk Curug Lawe Sicepit yang berada di sebelah kiri jalan. Dari gerbang jalurnya sudah bukan aspal jalanan lagi.

Baca juga: Kampoeng Jowo Sekatul Kendal, Desa Wisata Bernuansa Tradisional Jawa Kuno

Bagi Sobat Turisian yang menggunakan mobil, harus memakirkan kendaraan di bahu jalan. Sedangkan yang menggunkakan motor lebih enak lagi karena dapat terus jalan hingga ke dalam area terdekat dari curug ini.*

Pos terkait