Berkunjung ke Danau Betung, Wisata Alam yang Menarik di Pelalawan Riau

Danau Betung
Danau Betung, Kabupaten Pelalawan, Riau. (Source: Disparpora Pelalawan)

TURISIAN.com – Berkunjung ke Danau Betung di Kabupaten Pelalawan, Riau sangat menarik Sobat Turisian lakukan untuk mengisi waktu liburan akhir pekan kali ini. Di tempat ini kalian bisa menikmati keindahan alam yang indah dan mengenal budaya Suku Melayu.

Destinasi wisata alam yang sudah populer sejak tahun 1985 tersebut, berlokasi di Desa Betung, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Desa Betung sendiri berjarak sekitar 58 km dari kota Pangkalan Kerinci. Penghuninya merupakan Suku Melayu asli Petalangan.

Di Danau Betung Riau ini, Sobat Turisian bisa menjajal ragam wisata air yang sangat menarik untuk rekreasi bersama teman atau keluarga di akhir pekan. Seperti banana boat dan sepeda bebek air yang seru.

Tak hanya itu, kalian pun bisa bisa menyusuri Sungai Napuh untuk menyaksikan flora dan fauna di sepanjang sungai. Buat yang malas beraktivitas di air, bisa memilih bersantai di tepi danau sembari menikmati suasana alam danau yang menyenangkan.

Daya Tarik Budaya

Ketika liburan di Danau Betung, Sobat Turisian juga bisa mengenal beragam daya tarik seni dan budaya. Banyak tradisi masyarakat Petalangan yang khas dan terpelihara. Di sini kalian bisa menyaksikan tradisi Bedewo, Nyanyian Panjang, Menumbai Madu, Belian, atraksi Silat Payung, dan sebagainya.

Baca juga: Terpukau Keindahan Air Terjun Batang Kapas Riau

Ada juga hasil seni kerajinan tangan yang terbuat dari pandan, rotan, bambu, kopau, dan sejenisnya. Barang-barang tersebut pun cocok sekali buat cendera mata yang menjadi kenang-kenangan dari objek wisata yang satu ini.

Bangunan di Tengah Danau dan Hutan Adat

Selain daya tarik di atas, Danau Betung juga mempunyai daya tarik lain berupa sejumlah bangunan di tengah danau. Di antaranya Rumah Adat Kunjung Laut, Balai Gunjung Laut, Museum Tuk Monti, dan Gedung Putri Lindung Bulan. Lalu terdapat gazebo-gazebo dan sebuah musala sederhana.

Sobat Turisian juga bisa menjelajah wisata hutan adat yang berada di sekitar danau. Berisi pohon-pohon sialang yang menjadi sarang lebah untuk pengambilan madu. Hutan ini pun biasa menjadi tempat pelaksanaan Tradisi Manumbai untuk menurunkan madu yang ada di pohon-pohon sialang. Hutan adat tersebut, banyak yang menyebutnya dengan nama Hutan Kepungan.

Akses Menuju Danau Betung

Untuk menuju ke lokasi wisata danau di Pelalawan ini, Sobat Turisian bisa menempuhnya menggunakan jalur darat. Baiknya kalian menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan rental untuk datang ke sini.

Rute ke Danau Betung, dari Kota Pekanbaru kalian harus menempuh perjalanan darat kurang lebih 3 jam menuju ke Pasar Sorek. Dari pasar itu belok kanan, sebelum Rumah Makan Nilam Sari. Lanjut perjalanan sejauh 8 km ke Desa Betung.

Kalau Sobat Turisian tak memilik kendaraan pribadi, bisa pilih naik travel jurusan Pekanbaru-Rengat, Pekanbaru-Pranap, Pekanbaru-Air Molek, dan semua travel jurusan setelah Sorek. Kemudian berhenti di Pasar Sorek dan teruskan dengan menyewa becak motor menuju ke lokasi danau.

Baca juga: Yuk Wisata ke Danau Raja Indragiri Hulu yang Memukau!

Pilihan armada lainnya, Sobat Turisian bisa memakai kendaraan roda dua untuk menjangkau Danau Betung. Kondisi jalannya pun cukup baik, sehingga bisa memudahkan perjalanan kalian meskipun menggunakan kendaraan roda dua.

Jangan lupa membeli perbekalan makanan dan sejenisnya yang bisa Sobat Turisian dapatkan di kawasan Pasar Sorek yang cukup lengkap. Sementara untuk akomodasi di objek wisata alam ini, tersedia fasilitas penginapan sederhana tapi tetap nyaman.*

 

Pos terkait