Jurug Gedhe, Objek Air Terjun yang Menawan di Gunungkidul Yogyakarta

Jurug Gedhe
Jurug Gedhe Gunungkidul DIY. (Source: Dispar Kab. Gunungkidul)

TURISIAN.com – Selain menikmati pantai-pantai yang indah, saat Sobat Turisian liburan di Gunungkidul, Yogyakarta bisa juga mengunjungi Jurug Gedhe. Salah satu objek wisata curug atau air terjun yang menawan yang terletak di Perbukitan Patuk.

Air terjun tersebut berada di aliran Sungai Gombyong dan menjadi curug tertinggi di antara lainnya yang masih satu aliran dengan sungai tersebut. Lokasinya cukup strategis karena terletak tidak terlalu jauh dengan Gunung Api Purba Nglanggeran.

Jurug Gedhe Gunungkidul tergolong air terjun musiman yang hanya mengalir deras pada musim penghujan saja. Sedangkan saat musim kemarau, Sobat Turisian tidak akan menjumpai air yang mengalir karena sungai yang mengering. Selain itu debit air terjun ini juga mengikuti aliran Sungai Gembyong yang berada di bagian atas.

Pesona kecantikan semakin memanjakan mata karena di sekelilingnya terdapat tebing bebatuan yang cukup tinggi. Tambah pepohonan dan semak belukar yang membuat makin eksotis penampilannya.

Tinggi air terjun Jurug Gedhe mencapai sekitar 30 meter, airnya langsung jatuh menuju ke dasar. Di bagian dasar itulah, Sobat Tursian akan menemukan cekungan kolam atau kedung yang dalamnya sekitar dua hingga tiga meter.

Baca juga: Pesona Pantai Wediombo yang Indah dan Unik dengan Hiasan Bebatuan Purba

Suasana alamnya sangat asri, tenang, dan bikin betah berlama-lama. Jadi Sobat Turisian bisa sekalian melepas rasa penat dari rutinitas sehari-hari. Di air terjun ini pun kalian dapat menikmati kesegaran dengan mengguyurkan badan di bawah air terjunnya langsung.

Buat Sobat Turisian yang hobi mancing, bisa menyalurkannnya di kawasan Jurug Gedhe ini. Begitu pun para pecinta wisata ekstrem yang memacu adrenalin, dapat mencoba rapeling atau olahraga menuruni tebing di sekitar objek curug tersebut.

Aktivitas hunting foto atau swafoto sangat menarik kalian lakukan di sini. Banyak sekali spot foto yang eksotik dan instagenic banget. Salah satu favoritnya, spot berlatang air terjun.

Lokasi Air Terjun Jurug Gedhe

Destinasi wisata alam yang satu ini berlokasi di Dusun Gembyong, Desa Ngoro-oro, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Untuk menuju ke sana, Sobat Turisian harus melewati medan yang menantang dengan tracking.

Selama perjalanan ke Jurug Gedhe, Sobat Turisian bisa menikmati suguhan pemandangan pepohonan rindang, dan persawahan yang menyejukkan mata. Perjalan panjang itu pun akan terbayar dengan pesona air terjun yang menawan.

Baca juga: 4 Makanan Khas Gunungkidul, Nomor 2 Bikin Geli!

Oh ya, kalau mau datang ke objek wisata ini, rekomendasinya Sobat Turisian berkunjung saat musim penghujan. Sebab debit dan deburan airnya lebih besar daripada musim kemarau.*

Pos terkait