Sensasi Jelajah Hutan Mangrove Baros Bantul Yogyakarta

Hutan Mangrove Baros
Hutan Mangrove Baros Bantul. (Source: bantulpedia.bantulkab)

TURISIAN.com – Hutan Mangrove Baros menjadi salah satu ekowisata di Yogyakarta yang menarik untuk Sobat Turisian jelajahi. Kawasan hutan bakau tersebut berada di kawasan pantai selatan Yogyakarta, tepatnya di Dusun Baros Tirtohargo, Kretek, Bantul.

Pada awalnya ekowisata yang sudah ada sejak tahun 2003 tersebut hanya berupa muara Sungai Opak biasa yang gundul tanpa ada tumbuhan. Sehingga sangat terancam terkena abrasi dari pantai dan banjir yang berasal dari Sungai Opak.

Melihat hal itu, kemudian masyarakat sekitar berinisiatif untuk menanam mangrove. Lama-kelamaan mangrove tersebut tumbuh besar hingga menjadi hutan yang rimbun. Hingga sekarang terkenal dengan nama Hutan Mangrove Baros.

Akhirnya kawasan muara Sungai Opak dan Pantai Baros, Bantul terlihat lebih hijau dari sebelumnya. Pemandangannya pun menjadi lebih indah sehingga menjadi magnet baru bagi pengunjung yang penasaran.

Di objek wisata Hutan Mangrove Baros ini, Sobat Turisian bisa menikmati pemandangan hamparan hutan mangrove yang hijau membentang luas. Terlebih lagi di saat sore hari, momen sunset di sini sangat menakjubkan.

Baca juga: Wisata Kebun Buah Mangunan Bantul dengan Pesona Alam yang Menawan

Luas wilayah hutan mangrive tersebut kurang lebih 4 hektare yang berpadu dengan sawah yang hijau dan angin yang berhembus. Sehingga memberi sensasi kesejukan yang menenangkan.

Perjalanan Menuju Hutan Mangrove 

Ketika sampai di tempat ini, Sobat Turisian tidak bisa langsung melihat hutan mangrove. Namun kalian perlu berjalan kurang lebih 5 sampai 10 menit melewati kawasan persawahan. Lalu menyeberangi sungai kecil, barulah bisa melihat pesona hutan mangrove tersebut.

Tapi tak usah khawatir, pemandangan sawah di sepanjang perjalanan sangat indah apalagi kalau Sobat Turisian ke sana pada sore hari. Terasa angin yang berhembus semakin kencang dan memanjakan. Semakin betah berada di Hutan Mangrove Baros.

Begitu memasuki kawasan hutan mangrove Bantul ini, Sobat Turisian akan menyusuri jalan setapak dengan pemandangan yang menakjubkan. Sepanjang penulusuran itu, kalian bisa melihat pohon mangrove dengan jarak yang dekat. Ada pula beberapa jenis tanaman lain di sini, antara lain Brugueira, Nypha, Avicennia, dan Rhizophora.

Wisata Perahu & Ragam Jenis Burung

Lebih asyik lagi, di Hutan Mangrove Baros Sobat Turisian bisa duduk-duduk santai sambil menikmati suasana atau bisa juga menyewa kapal untuk berkeliling sungai. Dengan kapasitas perahunya sekitar 14 orang dewasa.

Naik perahu tersebut, Sobat Turisian bakal menyusuri Sungai Opak yang panjangnya mencapai 1,5 km. Selama naik perahu ini bisa menyaksikan beragam jenis burung yang tinggal di kawasan hutan mangrove.

Selain itu, di kawasan Hutan Mangrove Baros terdapat kurang lebih 49 jenis burung. Di antaranya burung Gelodok, burung Uca, burung kuntul, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Berburu Spot Foto Eksotik dan Instagenic di Hutan Pinus Pengger Bantul

Hutan ini pun tak hanya menjadi destinasi wisata yang memesona. Namun sekarang, hutan tersebut menjadi kawasan konservasi untuk menjaga ekosistem muara sungai.

Jadi objek wisata Hutan Mangrove Baros tidak hanya tujuan untuk wisata alam. Melainkan bisa sekaligus berwisata edukasi. Kawasan tersebut sangat cocok sebagai tujuan liburan dengan mengajak keluarga besar kalian.*

Pos terkait