Hamparan Savana Puru Kambera di Sumba Timur yang Memanjakan Mata

Savana Puru Kambera
Savana Puru Kambera di Sumba Timur, NTT. (Source: Disparbud Sumba Timur)

TURISIAN.com – Pulau Sumba terkenal dengan kuda-kuda khasnya yang berkeliaran di hamparan savana hijau. Objek tersebut pun menjadi daya tarik wisata khas wilayah di Nusa Tenggara Timur (NTT) ini. Salah satu yang menarik Sobat Turisian kunjungi, yaitu Savana Puru Kambera di Sumba Timur.

Savana ini merupakan salah satu padang rumput terluas yang terletak di Desa Mondu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, NTT. Suasananya sekilas mirip Taman Nasional Baluran yang berada di Banyuwangi.

Di sini, Sobat Turisian bakal menyaksikan warga sekitar yang berkegiatan sebagai peternak hewan, utamanya kuda. Mereka melepaskan hewan ternak ke kawasan Savana Puru Kambera yang indah dan masih alami.

Sobat Turisian akan berjumpa beragam hewan ternak, mulai dari kuda, sapi, kambing, hingga babi yang berseliweran mencari makanan. Uniknya meski berkeliaran bebas, namun hewannya tak pernah tertukar milik peternak satu dengan yang lainnya.

Tak hanya itu, di Savana Puru Kambera juga Sobat Turisian akan melihat satu pohon yang unik, yaitu Pohon Bila. Buahnya menjadi favorit bagi para hewan seperti sapi yang kehausan. Lingkungan alamnya yang masih alami dan agak sedikit gersang.

Baca juga: Berkunjung ke Kampung Adat Wawarongu di Sumba Tengah

Lokasinya yang tak jauh dari laut, membuat savana ini mempunyai pemandangan sekitar yang memesona. Suasananya yang damai, membuat Sobat Turisian pun bisa mendengar seru ombak yang menari-nari menuju pinggir pantai yang landai.

Keunikan & Daya Tarik Savana Puru Kambera

Satu lagi keunikan padang savana ini memiliki warna bukit dan rumput yang dapat berubah warna bergantung musim. Kalau Sobat Turisian datang di saat musim hujan akan melihat hamparan rumput yang hijau. Sebaliknya kalau musim kemarau, tampak rumput berwarna kuning atau kecokelatan.

Daya tarik lainnya, Sobat Turisian bisa dengan mudah menemukan segerombolan kuda liar yang sedang mencari dan memakan rumput di Savana Puru Kambera. Namun jangan terlalu dekat dengan kuda-kudanya ya, karena pasti kuda tersebut akan kabur.

Banyak pula pohon kering yang akan kalian temukan saat menjelajahi savana ini. Sangat cantik dan eksotik untuk latar swafoto kalian. Membuat setiap yang pernah ke sini ingin berkunjung kembali nantinya.

Akses ke Savana Puru Kambera

Destinasi wisata Sumba Timur yang satu ini, terletak sekitar 25 km dari pusat kota Waingapu. Sobat Turisian dapat menjangkaunya dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan sewaan.

Baca juga: Manjakan Mata dan Tenangkan Jiwa di Savana Bukit Ledongara Sumba

Perjalanan ke sana butuh waktu kurang lebih satu jam. Tidak ada transportasi umum ke tempat ini. Sehingga buat wisatawan dari luar Waingapu, dapat menggunakan layanan ojek atau kendaraan roda dua pribadi.*

 

Pos terkait