Berwisata ke Nglanggeran Gunungkidul, Sekarang Ada Fasilitas Ini

Berwisata ke Nglanggeran
Berwisata ke Nglanggeran menggunakan Jeep Adventure akan lebih seru. (Instagram/@desawisatanglanggeran)

TURISIAN.com – Para wisatawan yang berwisata ke Nglanggeran Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta tak perlu khawatir lagi saat menyimpan kendaraan.

Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul pada 2023 ini, membangun kawasan parkir senilai Rp7,4 miliar di Kawasan Desa Wisata Nglanggeran.

Fasilitas tersebut diharapkan bisa  mendongkrak kunjungan wisatawan ke wilayah ini.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Mohammad Arif Aldian di Gunungkidul, DIY mengatakan proyek pembangunan kawasan parkir Nglanggeran dilaksanakan secara tahun jamak.

BACA JUGA: Mau Liburan yang Tenang dan Senang? Datang Saja ke Pantai Sepanjang Gunungkidul!

“Kami akan memasukkan dokumen pembangunan parkir di Nglanggeran ke Badan Pengadaan Barang/Jasa (BPBJ) supaya segera dilelang. Kami perkirakan pengerjaan sekitar Maret atau April mendatang,” kata Arif.

Ia mengatakan Dispar bersama pengelola Nglanggeran melakukan sejumlah persiapan untuk proyek tersebut.

Aldian berharap dengan adanya kawasan parkir nantinya, dapat mendukung pariwisata dan wisatawan yang melintasi jalan baru zona utara Tawang-Gading.

“Lokasi kawasan parkir berada di dekat perempatan Jalan Tawang,” ujarnya.

BACA JUGA: Pantai Nglolang, Surga Tersembunyi di Gunungkidul Yogyakarta

Dia mengatakan Dispar sudah membebaskan lahan seluas sekitar 7.000 meter persegi tahun lalu, dengan biaya kisaran Rp1 miliar.

“Pembangunan kawasan parkir merupakan program penyelenggaraan keistimewaan urusan tata ruang. Yakni pemanfaatan ruang strategis kasultanan dan kadipaten serta pemanfaatan ruang strategis karst Gunung Sewu,” katanya.

Gunung Api Purba

Anggaran yang ada pada tahap pertama digunakan untuk urukan dan pendataan lahan, serta fasilitas pendukung infrastruktur kawasan parkir.

Tahun ini juga dilakukan penyesuaian rencana detail teknis (DED) Landmark Kawasan Wisata Nglanggeran dengan alokasi anggaran Rp105 juta.

BACA JUGA: 4 Makanan Khas Gunungkidul, Nomor 2 Bikin Geli!

“Anggaran semua dari dana keistimewaan,” ungkapnya.

Sementara itu, pengelola destinasi wisata Gunung Api Purba Nglanggeran Sugeng Handoko mengatakan program pembangunan kawasan parkir merupakan usulan dari pengelola wisata dan Dispar Gunungkidul sebagai pelaksana.

Ia berharap pembangunan lebih ramah lingkungan dan mencerminkan suasana desa wisata. Serta nanti disiapkan juga tata kelolanya, sehingga tidak mangkrak.

“Desa Wisata Nglanggeran ini menjual keindahaan dan kearifan suasana perdesaan. Kami berharap pembangunan parkir juga memperhatikan kondisi alam di Nglanggeran,” katanya.

Nah, bagi kalian yang ingin berwisata ke Nglanggeran kini makin nyaman. ***

Pos terkait