Mau Liburan yang Tenang dan Senang? Datang Saja ke Pantai Sepanjang Gunungkidul!

Pantai Sepanjang Gunungkidul
Pantai Sepanjang Gunungkidul, DIY. (Source: Dispar Kab. Gunungkidul)

TURISIAN.com – Gunungkidul di Yogyakarta memang terkenal sebagai gudangnya objek wisata pantai, jumlahnya mencapai ratusan. Nah yang terbilang baru buka sebagai objek wisata yakni Pantai Sepanjang, yang menyajikan pesona keindahan alam yang bakal bikin Sobat Turisian tenang dan senang.

Nama “Sepanjang” sendiri muncul karena ciri khas pantai tersebut yang memiliki garis pantai terpanjang di antara semua pantai di Kabupaten Gunungkidul. Suasana pantai ini sangat alami, dengan bibir pantai yang terhiasi tumbuhan palem dan gubug-gubug beratap daun kering.

Tambah lagi daya tarik karang di wilayah pasang surut Pantai Sepanjang Gunungkidul ini pun masih terawat. Hempasan ombak masih memantulkan warna biru, menandai air laut yang belum banyak tercemar. Dengan suasana itu, tak salah bila pemerintah daerah maupun investor berencana menjadikan pantai ini sebagai Pantai Kuta kedua.

Berbekal suasana alami itulah, membuat objek wisata pantai ini lebih dari Pantai Kuta. Sepanjang tidak menawarkan hal-hal klise seperti beach cafe dan cottage mewah, tetapi sebuah kedekatan dengan alam terbuka.

Terbukti dengan aktivitas Sobat Turisian yang akan tetap bisa menggeledah karang-karang untuk menemukan berbagai jenis kerang-kerangan (Mollusca) dan bintang laut (Echinodermata). Kalian juga tetap bisa menemukan limpet di batuan sekitar Pantai Sepanjang dan mencabut rumput laut yang tertanam.

Daya Tarik Pantai Sepanjang Gunungkidul

Destinasi wisata ini pun merupakan salah satu pantai di Kabupaten Gunungkidul yang memiliki garis pantai terpanjang di antara yang lainnya. Hamparan pasir putih dan suasana pantai yang bersih menambah keindahan panorama khas pantai selatan.

Baca juga: Pesona Pantai Wediombo yang Indah dan Unik dengan Hiasan Bebatuan Purba

Hamparan pasir yang luas tersebut, cocok  juga  sebagai tempat untuk melakukan berbagai aktivitas. Seperti berjemur, olahraga, hingga menjadi venue acara fun games bagi rombongan wisatawan.

Ombak di Pantai Sepanjang tidak terlalu tinggi, serta warna laut yang biru akan memanjakan mata penikmat keindahan alam. Pinggir pantai berderet beberapa gazebo untuk beristirahat dan menikmati semilir udara yang segar.

Lokasi Pantai Sepanjang Yogyakarta

Pantai tersebut berlokasi di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Akses untuk Sobat Turisian menuju ke sana, bisa melalui rute ke Pantai Kukup dari kota Yogyakarta. Hanya membutuhkan perjalanan sejauh 40 km atau sekitar 24 km dari Kota Wonosari.

Kondisi jalan menuju Pantai Sepanjang sudah cukup baik, bisa Sobat Turisian kunjungi menggunakan bus besar, mobil, ataupun sepeda motor. Enaknya lagi, kawasan wisata ini sudah menyediakan fasilitas umum yang memadai.

Baca juga: Terpesona Keindahan Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul

Fasilitas di Pantai Sepanjang, di antaranya tempat parkir, kamar mandi, toilet umum, dan tempat ibadah. Selain itu, ada pula sarana lain seperti penginapan, warung makan, serta penjual suvenir dan pernak-pernik.*

Pos terkait