Pantai Nglolang, Surga Tersembunyi di Gunungkidul Yogyakarta

Pantai Ngolang
Pantai Ngolang Gunungkidul, DIY. (Source: Dispar Kab. Gunungkidul)

TURISIAN.com – Ada banyak objek wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul yang menyajikan pesona alam nan menawan. Bahkan tak sedikit pantai di sana yang jarang terjamah manusia, salah satunya Pantai Nglolang. Karena itulah banyak yang menjulukinya sebagai surga tersembunyi.

Objek wisata pantai ini menyuguhkan suasana pantai yang masih sepi dengan nuansa alam yang asri. Sangat cocok buat Sobat Turisian yang menginginkan kedamaian atau healing dari kepenatan rutinitas di perkotaan.

Sama halnya dengan pantai di Gunungkidul pada umumnya, di Pantai Nglolang Sobat Turisian bisa menikmati hamparan pasir putih. Serta beberapa batuan karang di bibir pantai. Kondisi pantai yang masih sepi menjadi daya tarik tersendiri, membuat kalian bakalan betah berwisata di sni.

Ketika air sedang surut, Sobat Turisian juga dapat melihat aneka biota laut, seperti alga, bulu babi, bintang laut, dan biota laut lainya. Kalian juga dapat menemukan biota tesebut di sela-sela bebatuan karang. Lokasinya yang masih terjaga, banyak peneliti yang mengunjungi pantai ini untuk pengambilan sampel penelitan.

Bagi Sobat Turisian penyuka aktivitas berkemah, Pantai Nglolang juga sangat cocok untuk bermalam. Kalian dapat menikmati berbagai pemandangan yang eksotis, seperti tebing dan bebatuan karang yang indah. Serta taburan bintang di langit jika cuaca sedang cerah.

Baca juga: 4 Makanan Khas Gunungkidul, Nomor 2 Bikin Geli!

Garis pantai ini pun tidak terlalu panjang dan ada dua bukit di sekiling yang mengapitnya. Saat ombak surut, Sobat Turisian bisa melakukan olahraga snorkeling. Kala senja tiba, pertunjukan matahari terbenam begitu indahnya dan eskotis.

Lokasi & Akses ke Pantai Nglolang

Menuju ke pantai ini, Sobat Turisian mesti berjalan kaki dari parkiran dengan kondisi jalan cukup baik, berupa jalan setapak yang sedikit berbatu. Meskipun begitu, panorama alam yang ada di pantai ini tidak perlu kalian ragukan lagi.

Pantai Nglolang berlokasi di Jalan Sepanjang, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Terletak  di sebelah barat Pantai Sepanjang. Dari pusat Kota Yogyakarta kalian dapat menempuhnya dengan jarak sejauh 40 km.

Sobat Turisian yang sedang berada di Pusat Kota Jogja dapat menggunakan rute berikut ini. Arahkan kendaraan kalian menuju Jalan Wonosari hingga sampai di Perempatan Sampan.

Baca juga: Cari Ketenangan? Yuk ke Pantai Nguyahan Gunungkidul!

Dari perempatan tersebut, teruskan perjalanan Sobat Turisian menuju Jalan Barob. Kemudian lanjut menuju arah Kemadang. Setelah itu kalian akan melewati Pantai Baron, Pantai Kukup, dan yang terakhir Pantai Nglolang.*

 

 

 

Pos terkait