Cari Ketenangan? Yuk ke Pantai Nguyahan Gunungkidul!

Pantai Nguyahan
Pantai Nguyahan Gunungkidul, DIY. (Source: Dispar Gunungkidul)

TURISIAN.com – Buat Sobat Turisian yang mencari ketenangan dengan view pantai dan deburan ombak, bisa coba kunjungi Pantai Nguyahan di Gunungkidul. Suasananya tak terlalu ramai dan lokasinya mudah kalian jangkau.

Objek wisata pantai ini berdampingan dengan Pantai Ngobaran dan  berjarak hanya sekitar 200-500 meter dari Pantai Ngrenehan. Tepatnya berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Pantai Nguyahan memang belum banyak terjamah wisatawan. Namun inilah yang menjadikan pantai ini sangat nyaman buat Sobat Turisian yang ingin healing dan refreshing melepas kepenatan. Uniknya lagi, saat air laut di Pantai Ngobaran sedang pasang, kalian bisa menuju pantai ini untuk bermain air di bibir pantai.

Akses ke destinasi pantai tersebut, dari parkiran Pantai Ngobaran Sobat Turisian tinggal menyusuri jalan batu agak menanjak dan akan terlihat sebuah pantai pasir putih yang datar. Tersedia pual deretan gubuk-gubuk tepi pantai dan rumah para penduduk sekitar pantai menambah pesona keindahannya.

Baca juga: Yuk Pergi ke Pantai Slili Gunungkidul Biar Hati jadi Happy!

Masyarakat sekitar banyak yang memanfaatkan rumah mereka sebagai warung yang menjajakan makanan seadanya. Seperti mi rebus atau goreng, softdrink, dan es kelapa muda. Di depan rumahnya, terdapat deretan gubuk-gubuk yang berfungsi sebagai tempat bersantai menikmati suasana Pantai Nguyahan.

Aktivitas Menarik di Pantai Nguyahan

Setibanya di pantai yang satu ini, Sobat Turisian pun dapat melakukan berbagai aktivitas. Di antaranya bermain pasir atau sekadar duduk-duduk di tepi pantai sembari menikmati keindahan alam yang tersaji.

Dengan hamparan pasir putih yang lembut dan suasana yang tenang menjadikan Pantai Nguyahan cocok sebagai tempat yang asyik untuk menghabiskan waktu. Serta dapat menajdi salah satu alternatif tujuan wisata keluarga.

Tak sampai di situ, saat surut kalian bisa melihat hamparan rumput laut yang tumbuh di terumbu karang serta jenis-jenis hewan laut. Ketika surut inilah Sobat Turisian, khususnya anak-anak bakalan bersemangat menangkap hewan-hewan laut.

Tidak ketinggalan pula pemandangan beberapa penduduk yang sedang mengumpulkan suket paris. Aktivitas mencari suket paris di Pantai Nguyahan, hanya akan Sobat Turisian temui ketika kondisi air laut sedang surut yang berarti hanya terjadi selama kurang lebih 4 hari setiap bulannya.

Rute Menuju Pantai Nguyahan

Untuk menuju ke objek wisata pantai ini, Sobat Turisian bisa mengaksesnya dengan rute yang tidak terlalu sulit dari kota Wonosari, ibu kota Kabupaten Gunungkidul. Kalian dapat menggunakan angkutan umum menuju arah Paliyan – Playen. Lalu lanjut dengan naik ojek untuk sampai ke pinggiran pantai, karena angkutan umum tidak bisa masuk ke kawasan ini.

Baca juga: Terpesona Keindahan Air Terjun Kedung Kandang Gunungkidul

Kalau Sobat Turisian memakai kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat, bisa melewati Jalur Selatan. Dengan melewati Panggang seperti yang ada pada peta lokasi. Kemudian sekitar 100 m dari arah Pantai Ngobaran melintasi jalan setapak di sisi tebing karang, hingga sampai di Pantai Nguyahan.*

Pos terkait